Pengertian Perubahan Energi Dan Macam-Macam Perubahan Energi Beserta Misalnya Lengkap

Berikut ini ialah pembahasan perihal perubahan energi, pengertian perubahan energi, macam macam perubahan energi, bentuk perubahan energi, referensi perubahan energi.

Pengertian Perubahan Energi

Ketika sebuah kerikil jatuh dari suatu ketinggian, kerikil tersebut mempunyai energi. Jika kerikil tersebut jatuh ke tanah, energi ini akan diubah menjadi energi panas (dapat teramati pada tanah yang menjadi hangat saat terkena batu) dan energi bunyi.

Jika jumlah energi tersebut dihitung, jumlah total energi tersebut ialah sama. Energi gerak yang dimiliki kerikil yang jatuh akan sama dengan energi suara ditambah energi kalor.

Untuk mengetahui perhitungan energi secara kuantitatif akan dijelaskan pada bab lain. Jadi, energi tidak pernah hilang, tetapi diubah ke dalam bentuk energi lain.
Energi tidak sanggup diciptakan dan juga tidak sanggup dimusnahkan, tetapi hanya sanggup diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain.
Dengan konsep di atas, maka energi sanggup dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Tidak semua energi sanggup eksklusif dimanfaatkan tetapi perlu diubah ke bentuk lain.

Macam-macam Perubahan Energi dan Contohnya

Contoh perubahan energi antara lain sebagai berikut.

a. Energi listrik menjadi energi panas, contohnya pada setrika listrik, kompor listrik, dan solder listrik.

b. Energi listrik menjadi energi cahaya, contohnya pada lampu.

c. Energi listrik menjadi energi kimia, contohnya pada penyetruman (pengisian) aki.

d. Energi cahaya menjadi energi kimia, contohnya fotosintesis.

e. Energi Kimia menjadi energi listrik, contohnya pemakaian aki untuk TV, atau lampu listrik.

Untuk lebih lengkapnya perhatikan referensi gambar berikut ini!
Berikut ini ialah pembahasan perihal perubahan energi Pengertian Perubahan Energi dan Macam-macam Perubahan Energi beserta Contohnya Lengkap
Gambar: Macam-macam Contoh Perubahan Bentuk Energi

Demikian pembahasan perihal perubahan energi, pengertian perubahan energi, macam macam perubahan energi, bentuk perubahan energi, referensi perubahan energi.