Pengertian Resonansi Suara Dan Pola Resonansi Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Berikut ini yaitu pembahasan wacana resonansi bunyi yang mencakup pengertian resonansi, referensi resonansi, referensi resonansi dalam kehidupan sehari-hari.

Pengertian Resonansi

Jika sebuah kendaraan berat (misalnya truk) melintas cukup erat dengan rumahmu, kau sanggup mencicipi lantai dan beling rumahmu terasa bergetar. Atau, saat ada halilintar, beling rumahmu terasa bergetar. Mengapa ini terjadi?

Contoh-contoh insiden sehari-hari di atas merupakan insiden resonansi bunyi. Untuk melihat referensi resonansi lain dan menjelaskan resonansi, lakukan acara berikut!

Prosedur kerja:

  1. Letakkan tiga garputala pada jarak yang cukup dekat.
  2. Getarkan garputala A dengan cara memukul.
  3. Apa yang terjadi terhadap garputala B (frekuensinya sama)?
  4. Apa yang terjadi terhadap garputala C (frekuensinya berbeda)?
  5. Catatlah hasil pengamatanmu dan buatlah kesimpulannya!
Berikut ini yaitu pembahasan wacana resonansi bunyi yang mencakup pengertian resonansi Pengertian Resonansi Bunyi dan Contoh Resonansi dalam Kehidupan Sehari-hari
Gambar: Percobaan Resonansi

Ketika garputala bergetar, getaran tersebut bisa mengusik udara di sekelilingnya sehingga menjadikan bunyi.

Getaran ini diteruskan oleh partikel-partikel udara sehingga garputala lain yang mempunyai frekuensi sama dan jaraknya berdekatan akan bergetar dan menjadikan gelombang bunyi pula.

Garputala yang mempunyai frekuensi berbeda tidak akan terpengaruh oleh getaran gelombang bunyi ini. Oleh alasannya yaitu itu garputala yang mempunyai frekuensi berbeda tidak akan bergetar.

Dari Kegiatan tersebut sanggup diambil suatu kesimpulan bahwa kalau sebuah benda bergetar, benda lain yang mempunyai frekuensi sama dan berada dalam kawasan rambatan getaran benda tersebut akan bergetar. Peristiwa ini disebut sebagai resonansi.
Resonansi adalah insiden ikut bergetarnya suatu benda akhir benda lain yang bergetar alasannya yaitu keduanya mempunyai frekuensi yang sama atau mempunyai frekuensi yang merupakan bilangan bundar dari frekuensi salah satu benda bergetar. Resonansi bunyi pada kolom udara dimanfaatkan untuk menghasilkan bunyi pada alat musik.

Contoh Resonansi dalam Kehidupan Sehari-hari

Sebagian alat musik menyerupai gitar memanfaatkan insiden resonansi ini untuk menghasilkan bunyi yang lebih nyaring. Gitar biasanya mempunyai sebuah kotak udara.

Partikel-partikel udara di dalam kotak udara ini akan ikut bergetar saat senar gitar dipetik. Udara di dalam kotak gitar beresonansi dengan kawat yang bergetar.

Hal ini sanggup diamati kalau senar gitar dibentangkan dan dipetik jauh dari lubang gitar, bunyi senar ini tidak akan nyaring menyerupai saat dipetik di erat kotak udara.

Coba kau sebutkan referensi insiden resonansi lain yang sanggup kau temui dalam kehidupan sehari-hari.

Dampak Negatif Resonansi

Resonansi, selain membawa manfaat juga menjadikan kerugian. Kerugian akhir resonansi antara lain yaitu saat terjadi gempa, bumi bergetar dan getaran ini diteruskan ke segala arah.

Getaran bumi sanggup diakibatkan oleh peristiwa-peristiwa yang terjadi di perut bumi, contohnya terjadinya dislokasi di dalam perut bumi sehingga bumi bergetar yang sanggup kita rasakan sebagai gempa.

Jika getaran gempa ini hingga ke permukaan dan hingga di pemukiman, gedung-gedung yang ada di permukaan bumi akan bergetar. Jika frekuensi getaran gempa sangat besar dan getaran gedung-gedung ini melebihi frekuensi alamiahnya, gedung-gedung ini akan roboh.

Selain gempa bumi, angin juga sanggup menciptakan sebuah jembatan bergetar dan kalau getarannya melebihi frekuensi alamiahnya, jembatan tersebut akan roboh.