Pengertian Sistem Reproduksi Pada Binatang (Ovipar, Vivipar Dan Ovovivipar)

Berikut ini merupakan klarifikasi wacana cara perkembangbiakan hewan, pengertian sistem reproduksi pada hewan, pengertian ovipar, pengertian vivipar, pengertian ovovivipar, pola binatang ovipar, pola binatang vivipar, pola ovovivipar, pola binatang reptil, pola binatang mamalia, pengertian mamalia, reproduksi porifera, ciri-ciri mamalia, reproduksi coelenterata, pengertian aves, dan pola binatang aves.

Sistem Reproduksi pada Hewan

Perkembangbiakan secara seksual pada binatang melibatkan alat reproduksi, sel kelamin/gamet jantan dan gamet betina, serta proses pembuahan atau fertilisasi.

Pembuahan pada binatang ada dua jenis, yaitu pembuahan yang terjadi di dalam badan induk betina dan pembuahan yang terjadi di luar tubuh.

Pembuahan di dalam badan induk betina disebut fertilisasi internal. Sedangkan pembuahan di luar badan induk betina disebut fertilisasi eksternal.

Pembuahan eksternal biasanya terjadi pada binatang yang hidup di dalam air, contohnya katak dan ikan. Jumlah sel telur dan sperma yang dihasilkan sangat banyak, sehingga sanggup memperbesar peluang terjadinya pembuahan.

Pembuahan eksternal sanggup dibedakan menjadi dua tipe, yaitu tipe acak dan tipe sarang. Pada tipe acak, proses pelepasan sel telur dan sperma di lakukan di sembarang tempat.

Sedangkan pada tipe sarang, ada daerah tertentu untuk melepaskan sperma dan sel telur, sehingga peluang terjadinya pembuahan lebih besar.

Pada fertilisasi internal, pembuahan yang terjadi dalam badan induk betina. Makara sperma dari induk jantan harus dimasukkan ke dalam badan betina melalui kopulasi.

Alat reproduksi menghasilkan sel kelamin. Sel kelamin jantan/sperma dihasilkan oleh testis, sedangkan sel kelamin betina (ovum/sel telur) dihasilkan oleh ovarium (indung telur).

Proses pembentukan sel kelamin jantan dan betina disebut gametogenesis. Proses pembentukan sel kelamin jantan disebut spermatogenesis, sedangkan proses pembentukan sel kelamin betina disebut oogenesis.

Setelah terjadi pembuahan atau fertilisasi, akan terbentuk zigot yang kemudian berubah menjadi embrio.
Berikut ini merupakan klarifikasi wacana cara perkembangbiakan binatang Pengertian Sistem Reproduksi pada Hewan (Ovipar, Vivipar dan Ovovivipar)
Gambar: Contoh Hewan Ovovivipar

Macam-macam Cara Perkembangbiakan Hewan

Perkembangan dan kelahiran embrio sanggup terjadi melalui tiga cara, yaitu vivipar, ovipar, dan ovovivipar.

1) Vivipar (hewan beranak)

Vivipar yaitu binatang yang embrionya berkembang dan menerima masakan di dalam uterus (rahim) induk betina. Contohnya yaitu kerbau, sapi, gajah, dan harimau.

2) Ovipar (hewan bertelur)

Ovipar yaitu binatang yang embrionya berkembang di dalam telur. Telur binatang ini dikeluarkan dari dalam badan dan dilindungi oleh cangkang. Embrio memperoleh masakan dari cadangan masakan yang terdapat di dalam telur.

Beberapa binatang ovipar mengerami telurnya sampai menetas, contohnya ayam dan merpati. Namun banyak pula induk yang menimbun telur dengan pasir atau bahkan membiarkan begitu saja.

3) Ovovivipar (hewan betelur dan beranak)

Ovovivipar yaitu binatang yang embrionya berkembang di dalam telur, tetapi telur tetap berada di dalam badan induk betina. Setelah cukup umur, telur akan pecah di dalam badan induk dan anaknya keluar. Contohnya adalah kadal dan ikan hiu.