Pengertian Tenaga Eksogen Dan Macam-Macam Jenis Bentuk Tenaga Eksogen Beserta Contohnya

Berikut ini yakni pembahasan wacana salah satu bentuk tenaga pembentuk permukaan bumi yaitu tenaga eksogen yang mencakup pengertian tenaga eksogen, definisi tenaga eksogen, pola tenaga eksogen, macam macam tenaga eksogen, jenis jenis tenaga eksogen, akhir tenaga eksogen.

Pengertian Tenaga Eksogen

Apakah yang dimaksud dengan tenaga eksogen?
Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar bumi yang sanggup membentuk dan mensugesti permukaan bumi. Sifat umum tenaga eksogen yakni merombak bentuk permukaan bumi hasil bentukan dari tenaga endogen. Bukit atau tebing yang terbentuk hasil tenaga endogen terkikis oleh angin, sehingga sanggup mengubah bentuk permukaan bumi.
Tenaga eksogen yaitu tenaga yang berasal dari luar permukaan bumi, berupa pelapukan dan pengikisan yang sifatnya merusak permukaan bumi. 
Perubahan yang dilakukan tenaga eksogen pada permukaan bumi disebut proses geomorfi. Proses ini akan dilakukan oleh benda-benda yang memiliki kemampuan mengikis dan menghancurkan material pembentuk muka bumi yang disebut geomorfi, menyerupai tetesan air yang ada di gua-gua membentuk stalaktit dan stalakmit, terjangan ombak terhadap kerikil karang, ajaran gletser, dan tiupan angin.

Berdasarkan hasilnya, proses geomorfi dibedakan menjadi degradasi dan agradasi.
  • Degradasi adalah suatu proses yang menyebabkan turunnya ketinggian suatu permukaan bumi, yang mencakup proses pelapukan, erosi, dan masswasting. 
  • Adapun agradasi adalah suatu proses yang menyebabkan naiknya suatu permukaan bumi yang mencakup sedimentasi atau pengendapan.

Macam-macam Jenis Tenaga Eksogen

Untuk lebih memahami jenis-jenis dari proses geomorfi perhatikan uraian berikut.

a. Pelapukan

Pelapukan yaitu proses penghancuran batuan kulit bumi pada tempatnya yang dipengaruhi temperatur dan kelembapan udara di sekelilingnya, susunan pembentuk batuan, dan kelebatan vegetasi tumbuhan yang ada di sekitar batuan.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Pelapukan beserta Contohnya

b. Erosi

Erosi yaitu proses pengikisan terhadap batuan atau tanah yang terjadi oleh air, angin, dan gletser.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Erosi dan Faktor Penyebab Terjadinya Erosi

c. Sedimentasi

Sedimentasi yaitu proses penempatan atau penumpukan material hasil pelapukan, erosi, dan maswasting ke daerah tertentu oleh air, angin maupun gletser.

Contoh hasil sedimentasi pada permukaan bumi yakni sebagai berikut.
  1. Air maritim bersahabat pantai yang datar biasanya terdapat endapan pasir yang disebut gisong pasir.
  2. Batuan yang diangkut oleh luncuran gletser diendapkan pada perjalanannya yang terakhir ialah daerah es mencair yang disebut morena.
  3. Debu yang diangkut oleh angin diendapkan di daerah lain yang berupa bukitbukit pasir yang disebut sand dunes.
  4. Di muara-muara sungai terdapat endapan berupa delta sungai.

Baca juga: Macam-macam Bentuk Tenaga Endogen