Pengertian Tenaga Endogen Dan Macam-Macam Jenis Referensi Tenaga Endogen Beserta Efek Nyata Dan Negatif Tenaga Endogen

Berikut ini yakni pembahasan perihal salah satu tenaga pembentuk permukaan bumi yaitu tenaga endogen yang mencakup pengertian tenaga endogen, macam macam tenaga endogen, jenis jenis tenaga endogen, teladan tenaga endogen, bentuk tenaga endogen, dampak faktual tenaga endogen, dampak negatif tenaga endogen, akhir tenaga endogen, proses endogen, yang termasuk tenaga endogen, bentuk muka bumi akhir tenaga endogen.

Pengertian Tenaga Endogen

Tenaga Endogen atau yang biasa disebut tenaga tektonik adalah tenaga yang berasal dari dalam bumi. Tenaga ini biasanya bersifat membentuk atau membangun.
Tenaga endogen yakni tenaga yang berasal dari dalam bumi yang menimbulkan perubahan pada kulit bumi. 
Tenaga endogen ini sifatnya membentuk permukaan bumi menjadi tidak rata. Mungkin saja di suatu tempat dulunya permukaan bumi rata (datar) tetapi akhir tenaga endogen ini bermetamorfosis gunung, bukit, atau pegunungan. Tenaga endogen terdiri atas gempa bumi, vulkanisme, dan proses diatropisme.

Macam-macam Jenis Tenaga Endogen

Diantara bentuk-bentuk tenaga endogen yakni sebagai berikut;

1. Gempa Bumi

Gempa bumi yaitu hentakan dari bumi yang menimbulkan tanah berguncang. Gempa terjadi akhir proses endogenik yang dihasilkan saat lapisan batu-batuan di bawah tanah bergerak. Kerusakan terjadi saat guncangan mencapai permukaan. Getaran gempa dimulai dari bawah tanah di suatu titik yang disebut fokus.

Selanjutnya, getaran merambat dari fokus dalam bentuk bulat konsentrik, menyerupai riak gelombang yang merambat di permukaan air. Akibat dari kejadian gempa bumi biasanya terjadi kerusakan, dan kerusakan yang paling besar terjadi pada episentrum, yaitu titik pada permukaan sempurna di fokus.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Gempa Bumi

2. Proses Diatropisme

Proses Diatropisme yaitu proses yang termasuk ke dalam pembentukan permukaan bumi yang berasal dari tenaga endogen tanpa dipengaruhi magma. Proses diatropisme merupakan proses struktural yang menimbulkan adanya proses lipatan dan patahan.

1) Lipatan

Lipatan terjadi alasannya pergerakan tenaga endogen yang sifatnya mendatar dari dua arah yang berlawanan. Bagian lipatan yang merupakan puncak disebut antiklinal dan bab yang rendah atau lembah disebut sinklinal.

Contoh tempat lipatan yang besar yakni tempat pegunungan lipatan muda mediterania. Macam-macam lipatan menurut ketegakan posisi sumbu dan bentuk pelipatannya terdiri atas lipatan tegak, lipatan rebah, lipatan condong, dan lipatan kelopak.

2) Patahan

Patahan yaitu bentukan alam sebagai akhir adanya proses pematahan pada lapisan batuan pembentuk kulit bumi. Patahan biasanya terjadi alasannya adanya retakan pada suatu bentangan. Patahan sanggup juga terjadi alasannya adanya pengurangan lapisan dalam kerak bumi, misalnya alasannya letusan vulkanisme sehingga satu bab kulit bumi merosot ke tempat sekitarnya.

3. Vulkanisme

Vulkanisme yaitu acara magma yang bergerak dari lapisan litosfer dan menyusup ke lapisan lebih atas atau hingga ke permukaan bumi. Peristiwa keluarnya magma ke permukaan bumi disebut juga erupsi gunung api.

Magma yakni materi silikat cair pijar yang terdiri atas benda padat, cair, dan gas yang terdapat di dalam lapisan litosfer bumi. Dalam keadaan normal, temperatur magma berkisar antara 900 hingga 1.200 derajat celcius.

Gerakan magma yang berhenti saat menuju ke permukaan bumi disebut intrusi, sedangkan gerakan magma yang berhasil hingga ke permukaan bumi disebut ekstrusi magma.

Gunung berapi yakni lubang atau celah pada lapisan kerak bumi yang mengeluarkan batu-batuan lebur, debu serta gas. Gunung berapi sering terbentuk dari titik-titik ringkih di kerak bumi, terutama sepanjang perbatasan lempeng bumi.

Baca selengkapnya: Macam-macam Jenis Bentuk Gunung Api

Gunung berapi meletus saat batuan lebur yang disebut magma menembus lapisan mantel bumi. Magma mencapai permukaan melalui suatu celah lapisan kerak bumi, magma yang menembus ke permukaan disebut lava.

Baca juga: Tenaga Pembentuk Permukaan Bumi