Pengertian Zaman Prasejarah (Pra Aksara) Dan Pembagian (Pembabakan) Zaman Prasejarah

Berikut ini yaitu pembahasan perihal zaman prasejarah yang mencakup pengertian zaman praaksara, pengertian zaman prasejarah, pembabakan zaman prasejarah, pengertian masa pra aksara, zaman mesozoikum, zaman neozoikum, zaman paleozoikum, zaman arkaekum, pembabakan zaman pra aksara, ciri ciri zaman neolitikum, pembagian zaman batu, pembagian zaman prasejarah, pembagian zaman pra aksara, pembagian zaman berdasarkan geologi, peninggalan zaman pra aksara, pembagian zaman berdasarkan arkeologi.

Pengertian Zaman Prasejarah (Pra Aksara)

Untuk lebih memahami perihal zaman pra-aksara atau prasejarah, kau sanggup memulainya dengan menelusuri sejarah munculnya makhluk hidup di muka bumi alasannya hal tersebut merupakan awal dari zaman prasejarah.
Zaman prasejarah yaitu suatu pembabakan dalam periode sejarah yang belum mengenal goresan pena sehingga kehidupan masyarakatnya sangat sederhana. 
Pemenuhan kebutuhan hidup masih diperoleh dengan cara berburu dan memungut materi makanan yang tersedia di alam. Dalam perkembangannya, masyarakat prasejarah mulai menemukan benda-benda dari logam untuk bercocok tanam.

Penemuan benda-benda dari logam ini sekaligus menandai mulai berakhirnya zaman prasejarah yang disebut juga zaman protosejarah. Zaman ini sering disebut juga zaman nirleka atau zaman pra-aksara.

Pembabakan Zaman Prasejarah (Pra Aksara) di Indonesia

Zaman pra-aksara di Indonesia sanggup dikelompokkan menjadi beberapa babak sebagai berikut.

1. Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Geologi

Geologi atau ilmu bumi yaitu ilmu yang mempelajari bumi secara keseluruhan. Berdasarkan hal ini, terjadinya bumi hingga kini dibagi ke dalam empat zaman, yaitu arkaekum, paleozoikum, mesozoikum dan neozoikum. Baca selengkapnya....

2. Pembabakan Zaman Prasejarah Berdasarkan Arkeologi

Pembabakan zaman prasejarah berdasarkan arkeologi dibedakan menjadi zaman kerikil dan zaman logam. Berdasarkan hasil temuan alat-alat yang dipakai dan dari cara pengerjaannya, maka zaman kerikil terbagi menjadi empat, yaitu zaman kerikil renta atau kebudayaan Palaeolithikum, zaman kerikil madya atau kebudayaan Mesolithikum, zaman kerikil muda atau kebudayaan Neolithikum, dan zaman kerikil besar Megalithikum. Baca selengkapnya....