Pengertian Zat Dan Macam-Macam Jenis Zat Beserta Sifat-Sifatnya

Berikut ini merupakan pembahasan perihal pengertian zat, macam macam zat, jenis jenis zat, sifat sifat zat padat, sifat sifat zat cair, sifat sifat zat gas.

Musik, termasuk sarana rekreasi. Kalian tentu pernah menonton pentas musik, baik secara eksklusif maupun tidak langsung.

Selain dengan tata lampu dan tata suara, keindahan panggung pentas musik juga dipengaruhi suasana panggung. Salah satu suasana yang hampir tidak pernah ketinggalan yaitu munculnya asap mengepul di atas panggung.

Asap tersebut berupa gas karbon dioksida. Pada suhu yang sangat rendah, asap tersebut sanggup bermetamorfosis benda padat yang disebut es kering. Pada suhu kamar es kering akan berubah kembali menjadi gas. Nah, mungkinkah karbon dioksida berwujud cair?

Pengertian  Zat

Asap yang tampak pada pertunjukan musik di muka merupakan rujukan wujud zat. Benda-benda yang ada di alam semuanya merupakan zat. Apakah zat itu? Sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa itulah yang disebut zat.
Zat adalah sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang, setiap zat mempunyai sifat yang berbeda.
Telah disebutkan di atas asap merupakan rujukan wujud zat. Asap merupakan zat berwujud gas. Selain gas terdapat jenis-jenis zat yang lain yaitu padat dan cair. Ciri-ciri zat tersebut akan dibahas sebagai berikut.

Macam-macam Jenis Zat

Kalian telah memperoleh pengetahuan perihal wujud zat (benda) menurut pengetahuan yang telah kalian peroleh. Coba jelaskan wujud zat atau benda pada gambar berikut.
Gambar: Contoh Benda Padat, Cair dan Gas

a. Zat Padat

Sifat-sifat zat padat sebagai berikut.

1) Bentuk benda tetap.

2) Tidak dipengaruhi oleh kawasan benda diletakkan.

b. Zat Cair

Sifat-sifat zat cair sebagai berikut.

1) Volume (banyaknya) benda-benda tersebut tetap, artinya kalau benda-benda tersebut ditempatkan ke dalam banyak sekali wadah, volumenya tetap.

2) Bentuk benda-benda tersebut tergantung dari bentuk wadahnya. Jika dimasukkan ke dalam botol, berbentuk botol. Jika dimasukkan ke dalam mangkuk, berbentuk mangkuk.

c. Zat Gas

Sifat-sifat zat gas sebagai berikut.

1) Volumenya tidak tetap, tergantung tempatnya.

2) Bentuknya tidak tetap, tergantung bentuk wadahnya.

3) Selalu memenuhi ruang.

Contoh: uap air dan asap hasil pembakaran.

Demikian pembahasan perihal pengertian zat dan macam-macam jenis zat dilengkapi dengan rujukan dan sifat-sifatnya.