Macam-Macam Jenis Pranata Sosial Berdasarkan Para Ahli

Berikut ialah pembahasan wacana pranata sosial yang mencakup macam macam pranata sosial, jenis jenis pranata sosial.

Macam-macam Jenis Pranata Sosial

Jenis pranata sangat ditentukan oleh kondisi heterogen masyarakat. Artinya, semakin berkembangnya suatu masyarakat maka semakin kompleks pula pranata di dalamnya.

Jenis-jenis pranata sosial berdasarkan Cohen, seorang pakar sosiologi adalah:
  1. kekeluargaan,
  2. pendidikan,
  3. keagamaan,
  4. ekonomi,
  5. pemerintahan.

Sementara berdasarkan Koentjaraningrat, jenis pranata sosial terdiri atas 8 jenis, yaitu sebagai berikut.
  1. Pranata kekeluargaan ialah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan. Misalnya, pelamaran, perkawinan, poligami, pengasuh anak, dan perceraian.
  2. Pranata ekonomi ialah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup, memproduksi, menimbun, dan mendistribusi harta dan benda. Misalnya, pertanian, peternakan, pemburuan, industri, koperasi, dan penjualan.
  3. Pranata pendidikan ialah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan penerangan dan pendidikan insan biar menjadi anggota masyarakat yang berguna. Misalnya, pengasuhan anak-anak, pendidikan rakyat, pendidikan menengah, pendidikan tinggi, pemberantasan buta huruf, pendidikan agama, pers, dan perpustakaan umum.
  4. Pranata ilmiah ialah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah insan dan menyelami alam semesta. Misalnya, metode ilmiah dan penelitian pendidikan ilmiah.
  5. Pranata keindahan dan rekreasi ialah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan insan menyatakan rasa keindahan dan untuk rekreasi. Misalnya, seni rupa, seni suara, seni gerak, seni drama, kesusastraan, dan olahraga.
  6. Pranata keagamaan ialah pranata yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan insan untuk berafiliasi dengan Tuhan atau dengan alam gaib. Misalnya, mesjid, gereja, doa, kenduri, upacara keagamaan, penyiaran agama, pantangan, dan ilmu gaib.
  7. Pranata pemerintahan ialah pranata yang bertujuan untuk mengatur kehidupan berkelompok secara besar-besaran atau kehidupan bernegara. Misalnya, pemerintahan, demokrasi, kehakiman, kepartaian, kepolisian, dan ketentaraan.
  8. Pranata kesehatan jasmaniah ialah pranata yang bertujuan untuk mengurus kebutuhan jasmani manusia. Misalnya, pemeliharaan kecantikan, pemeliharaan kesehatan, dan kedokteran.

Baca juga: Fungsi Pranata Sosial