Kualitas Penduduk (Pengertian, Indikator, Yang Mempengaruhi)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel ihwal Materi IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas 8 : Kualitas Penduduk meliputi Pengertian, Indikator, dan hal yang mensugesti Kualitas Penduduk

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel ihwal Materi IPS Sekolah Menengah Pertama Kelas  Kualitas Penduduk (Pengertian, Indikator, Yang Mempengaruhi)
 Peta Konsep Jumlah dan Pertumbuhan, Komposisi, serta Persebaran dan Migrasi Penduduk 


Pada peta konsep di atas, tampak bahwa dinamika kependudukan dan pembangunan nasional mencakup:
1) jumlah dan pertumbuhan penduduk,
2) komposisi penduduk,
3) persebaran dan migrasi penduduk,
4) kualitas penduduk dan pembangunan,
5) pergerakan nasional.

Pada artikel ini kita akan membahas ihwal Kualitas Penduduk.


Pengertian Kualitas Penduduk

Kualitas Penduduk adalah : mutu kondisi penduduk dalam aspek fisik maupun non fisik yang dibarengi dengan tingkat ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang merupakan modal dasar dalam berbagi kemampuan dan menikmati kehidupan sebagai insan yang berbudaya dan berkepribadian. Kualitas penduduk juga sanggup dimaknai dengan taraf kehidupan penduduk yang berkaitan dengan kemampuannya dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, menyerupai pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

Apakah yang dimaksud dengan istilah kualitas penduduk secara lebih mendalam? Pengertian kualitas penduduk sangat terkait dengan kemampuan penduduk untuk sanggup mengolah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya, guna memenuhi kebutuhan hidup serta meningkatkan kesejahteraannya.

Indikator Kualitas Penduduk

Indikator kualitas atau mutu dari sumber daya insan sanggup dilihat dari beberapa aspek seperti; tingkat pendidikan, pendapatan, dan tingkat kesehatan.

Kualitas penduduk dipengaruhi oleh tingkat kesehatan. Indikator tingkat kesehatan penduduk di suatu negara sanggup dilihat dari angka maut dan angka cita-cita hidup. Angka maut yang tinggi menggambarkan tingkat kesehatan penduduk yang rendah, sedangkan angka cita-cita hidup yang tinggi menggambarkan tingkat kesehatan penduduk yang baik.

Tingkat kesehatan penduduk di suatu negara atau tempat juga tidak sanggup dilepaskan dari pendapatan penduduk. Secara umum, semakin tinggi pendapatan penduduk, berarti pengeluaran untuk mendapat pelayanan kesehatan akan semakin tinggi pula. Penduduk yang berpendapatan tinggi akan sanggup menikmati masakan yang berkualitas dan memenuhi standar kesehatan. Sementara penduduk yang perbendidikan tinggi diperlukan mempunyai produktivitas yang tinggi pula kalau dibandingkan dengan penduduk yang berpendidikan rendah.


Masalah kualitas penduduk sanggup juga dilihat dari tingkat kemakmurannya. Walaupun tidak termasuk negara miskin, jumlah penduduk Indonesia yang masih hidup di bawah garis kemiskinan cukup besar. Lebih dari 37 juta penduduk Indonesia masih hidup di bawah garis kemiskinan berdasarkan standar yang ditetapkan PBB. Angka kemiskinan Indonesia hingga ketika ini masih berada di atas 10%. Untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia, bukan hanya tanggungjawab pemerintah, tapi menjadi tanggungjawab seluruh bangsa Indonesia.


Beberapa hal yang mensugesti kualitas penduduk yaitu tingkat pendidikan, tingkat kesehatan, dan tingkat pendapatan. Tingkat pendidikan merupakan potensi sumber daya insan yang unggul. Pendidikan yaitu modal dasar dalam berbagi kemampuan intelektual kita. Kita akan bisa meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik kita dengan pendidikan. Hal ini diwujudkan dalam bentuk kemampuan kita dalam menuntaskan aneka macam permasalahan dengan berbagi aneka macam bentuk kreativitas.

Sementara tingkat kesehatan suatu masyarakat mencerminkan kesejahteraan suatu negara. Kesehatan yaitu harta yang tidak ternilai dan merupakan modal yang sangat berharga bagi kita untuk memulai dan melaksanakan segala aktivitas. Ada sebuah pepatah yang sering kita dengar “men sana in corpore sano” yang kalau diterjemahkan secara bebas mengandung makna : "di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat". Sedangkan pendapatan yang tinggi akan sangat mensugesti upaya pemenuhan kebutuhan bagi masyarakat di suatu negara. Ketiga indikator tersebut tentu saja saling mensugesti satu sama lain.

Bagaimana dengan kualitas penduduk di sekelilingmu? kita sanggup melihatnya dengan melihat dan mencermati data di kantor kelurahan atau kecamatan setempat. Data-data kesehatan, pendidikan, dan tingkat pendapatan sanggup kita temukan di kantor tersebut. Tingkat pendidikan berdasarkan jenjang pendidikan, tingkat buta abjad masyarakat, dan tingkat kesejahteraan berdasarkan rata-rata penghasilan masyarakat juga bisa kita temukan.

Bagaimana peranan penduduk Indonesia dalam pembangunan ekonomi? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita perlu memahami kualitas penduduk di Indonesia. Jika kualitas penduduk di Indonesia tinggi, maka hal itu akan sanggup dijadikan modal dasar pembangunan, kalau tidak, akan menjadi beban dan problem dalam pembangunan nasional khususnya dalam bidang ekonomi.

Bagaimana caranya untuk sanggup meningkatkan kualitas penduduk di Indonesia? Tentu jawabnya, mulai kini kita harus berguru dengan lebih baik, biar di masa depan kita sanggup menjadi sumberdaya insan yang berkualitas, sehingga sanggup dijadikan modal dasar dalam pembangunan Indonesia. 

Rangkuman ihwal pengertian kualitas penduduk

Kualitas penduduk merupakan kunci keberhasilan pembangunan. Besarnya jumlah penduduk belum tentu berhasil membawa kemajuan. Akan tetapi, penduduk yang berkualitas niscaya akan sanggup membawa kemajuan bangsa dan negara. Oleh lantaran itu kita harus selalu berusaha untuk menjadi penduduk yang berkualitas. Caranya bagaimana? Belajar ulet di sekolah dan di luar sekolah merupakan cara yang baik untuk meningkatkan kualitas diri. Tentu saja berguru tidak hanya mata pelajaran di sekolah, akan tetapi juga berguru kepemimpinan, berguru berwirausaha, berguru budaya di masyarakat, dan sebagainya. Dengan demikian, kita sudah berperan serta dalam upaya meningkatkan kualitas pendudukdi negara Indonesia yang kita cintai ini.

Sumber: https://arahangindunia.blogspot.com//search?q=jumlah-dan-pertumbuhan-penduduk-sensus

Demikian artikel ihwal Kualitas Penduduk meliputi Pengertian, Indikator, dan hal yang mensugesti Kualitas Penduduk. Semoga bermanfaat...