Macam-Macam Jenis Perubahan Wujud Zat (Benda) Dan Contohnya

Berikut ini merupakan pembahasan perihal macam macam perubahan wujud zat, perubahan wujud benda, perubahan wujud zat, pola perubahan wujud zat.

Perubahan Wujud Zat

Beberapa zat atau benda sanggup mengalami perubahan wujud, contohnya dari cair menjadi padat atau dari padat menjadi uap. Perubahan wujud zat sanggup terjadi melalui beberapa insiden berikut.

1) Mencair atau melebur yaitu perubahan wujud zat dari padat menjadi cair.

2) Membeku yaitu perubahan wujud zat dari cair menjadi padat.

3) Menguap yaitu perubahan wujud zat dari cair menjadi gas.

4) Mengembun yaitu perubahan wujud zat dari uap (gas) menjadi cair.

5) Menyublim yaitu perubahan wujud zat dari gas menjadi padat.

6) Melenyap yaitu perubahan wujud zat dari padat menjadi gas.
Gambar: Macam-macam Perubahan Wujud Benda

Selama ini dikenal bahwa perubahan wujud dari gas menjadi padat atau dari padat menjadi gas disebut menyublim. Kenyataannya kedua insiden itu berbeda.

Oleh alasannya itu, nama peristiwanya pun berbeda. Perubahan wujud zat dari gas menjadi padat disebut menyublim, sedangkan perubahan wujud zat dari padat menjadi gas disebut melenyap.

Perubahan wujud beberapa zat (benda) gampang kita amati.

Geiser ialah pancaran air mendidih dan uap air yang menyembur dari kerak bumi. Geiser terjadi saat air tanah dipanaskan oleh batu-batu panas yang usang kelamaan mendidih.

Ketika air berubah wujud menjadi uap air, terjadi kenaikan tekanan di sela-sela bebatuan. Geiser tersebut kemudian meletus, menyemburkan pancaran uap air dan air membumbung tinggi ke udara.