Pengertian Dan Macam-Macam Jenis Bentuk Pengendalian Sosial Beserta Contohnya

Berikut ialah pembahasan ihwal pengendalian sosial yang mencakup macam macam pengendalian sosial, macam macam control sosial, jenis jenis pengendalian sosial, jenis jenis control sosial, fungsi pengendalian sosial, tugas pengendalian sosial, pengertian pengendalian sosial, sifat pengendalian sosial, bentuk pengendalian sosial, cara pengendalian sosial, forum pengendalian sosial, bentuk bentuk pengendalian sosial, tujuan pengendalian sosial, pola pengendalian sosial, pola pengendalian sosial preventif, jenis jenis forum pengendalian sosial.

Pengertian Pengendalian Sosial

Pengendalian sosial adalah suatu prosedur untuk mencegah penyimpangan sosial serta mengajak dan mengarahkan masyarakat untuk berperilaku dan bersikap sesuai norma dan nilai yang berlaku. Dengan adanya pengendalian sosial yang baik diperlukan bisa meluruskan anggota masyarakat yang berperilaku menyimpang/membangkang.

Macam-macam Jenis Pengendalian Sosial

Sebagai upaya meningkatkan ketaatan masyarakat terhadap norma, kaidah, dan aturan yang telah disepakati maka dibutuhkan sosial kontrol. Sosial kontrol cenderung sebagai pengendalian sosial.

Pengendalian Sosial (Sosial kontrol) terdiri atas dua jenis, yaitu sebagai berikut.

1. Pengendalian Sosial (Sosial kontrol) yang bersifat preventif

Preventif, artinya sebuah upaya atau perjuangan pencegahan sebelum terjadi. Misalnya, pemerintah mensosialisasikan iklan ihwal akhir penggunaan napza di televisi pada masyarakat. Layanan iklan ini merupakan taktik preventif semoga masyarakt tidak terdorong untuk menggunakan napza.

2. Pengendalian Sosial (Sosial kontrol) yang bersifat represif

Represif, artinya sebuah upaya atau perjuangan untuk mengembalikan kesesuaian akhir adanya gangguan. Misalnya, menunjukkan hukuman atau eksekusi terhadap masyarakat yang melanggar hukum.

Peran dan Fungsi Lembaga Pengendalian Sosial

Pada dasarnya, eksistensi antara lembaga-lembaga pengendalian sosial ibarat forum keluarga, forum pendidikan, forum ekonomi, dan forum pemerintah merupakan satu kesatuan.

Peran dan fungsi kelima forum tersebut, tidak akan seimbang jikalau dalam praktiknya berdiri sendiri. Oleh sebab itu, perlu dibentuk suatu tatanan, aturan, dan norma yang bisa meningkatkan kestabilan antarlembaga yang dimaksud.

Misalnya, forum keluarga mendidik dan membina anggota keluarganya. Sementara forum pendidikan secara formal mendukung nilai pendidikan yang dibangun keluarga.

Contoh lain, forum ekonomi dan pemerintah menyiapkan lahan sebagai sarana produktivitas pasca pendidikan formal. Ketidakseimbangan antarlembaga hanya akan menjadikan pengangguran yang bisa berujung pada tindak kriminal, sebab sulitnya mendapat pekerjaan.

Baca juga: Macam-macam Pranata Sosial