Perbedaan Pengertian Berat Dan Massa Benda Beserta Rumusnya

Berikut ini yakni pembahasan perihal pengertian berat benda, pengertian massa benda, perbedaan berat dan massa, rumus massa benda, rumus berat benda, pola soal massa benda, pola soal berat benda.

Perbedaan Berat dan Massa Benda

Dalam kehidupan sehari-hari, istilah berat kadang kala disalahartikan, ibarat “Ayah membeli beras seberat 50 kg” atau “Berapakah berat badanmu?”

Istilah berat pada pola di atas tidaklah sempurna alasannya kata berat yang dimaksud, bekerjsama yakni massa benda. Nah, tahukah kau apa perbedaan antara massa dan berat?
Massa adalah ukuran banyaknya bahan yang terkandung dalam suatu benda. Massa diukur dengan memakai neraca.
Satuan massa dalam SI yakni kilogram. Massa merupakan besaran yang tidak mempunyai arah. Oleh alasannya itu, massa termasuk besaran skalar.
Berat adalah gaya gravitasi bumi yang bekerja pada suatu benda. Berat merupakan besaran yang mempunyai arah. Arah berat selalu tegak lurus terhadap permukaan bumi. Berat merupakan salah satu bentuk gaya. 
Berat sanggup diukur dengan memakai neraca pegas atau dinamometer. Satuan berat dalam SI dinyatakan dalam Newton.

Nah, bagaimanakah hubungan antara massa dan berat?

Grafik: Hubungan antara Berat dan Massa Benda

Nilai perbandingan w dan m selalu menunjukkan nilai yang sama (tetap), yaitu ± 9,8 N/kg.
Oleh alasannya itu, sanggup disimpulkan bahwa nilai perbandingan antara gaya berat dan massa setiap benda pada suatu tempat tertentu selalu tetap. 
Nilai perbandingan itu harganya sama dengan percepatan benda yang jatuh bebas ke bumi yang dinamakan percepatan gravitasi bumi.

Rumus Berat dan Massa Benda

Secara matematis, percepatan gravitasi bumi dituliskan:


Berdasarkan persamaan tersebut diperoleh persamaan gaya berat dan persamaan massa sebagai berikut.


Keterangan:
g = percepatan gravitasi bumi (N/kg)
w = gaya berat (N)
m = massa (kg)

Contoh Soal

Massa Ani, Dewi, dan Anggun berturut-turut yakni 45 kg, 40 kg, dan 50 kg. Jika percepatan gravitasi bumi 9,8 N/kg, hitunglah berat Ani, Dewi, dan Anggun!

Jawab:


Besarnya percepatan gravitasi di permukaan bumi tidak sempurna sama. Misalnya, percepatan gravitasi di tempat khatulistiwa dan tempat kutub tidaklah sama. Hal ini dikarenakan jari-jari bumi di tempat Kutub Utara atau Kutub Selatan lebih kecil daripada jari-jari bumi di tempat khatulistiwa.

Percepatan gravitasi di tempat kutub sekitar 9,83 N/kg, sedangkan percepatan gravitasi di tempat khatulistiwa sekitar 9,78 N/kg. Jadi, percepatan gravitasi bumi di tempat kutub lebih besar daripada percepatan gravitasi bumi di tempat khatulistiwa.

Nah, apakah besar percepatan gravitasi di setiap permukaan planet sama? Ternyata besarnya percepatan gravitasi di setiap permukaan planet tidaklah sama. Hal ini alasannya percepatan gravitasi dipengaruhi oleh massa dan ukuran planet.

Perlu diingat bahwa berat dipengaruhi oleh percepatan gravitasi sehingga berat astronot di planet Mars berbeda dengan berat astronot saat ada di bumi.

Berbeda halnya dengan massa, massa benda tidak dipengaruhi oleh percepatan gravitasi sehingga massa astronot saat di bumi sama dengan massa astronot saat di planet Mars.