Perbedaan Pengertian Peta, Atlas Dan Globe Berdasarkan Para Ahli

Berikut ini ialah pembahasan ihwal peta, atlas dan globe yang mencakup pengertian peta, pengertian atlas, pengertian globe, peta adalah, atlas adalah, globe adalah, pengertian peta berdasarkan para ahli, perbedaan peta dan globe, perbedaan peta dan atlas, jelaskan pengertian peta, pengertian atlas berdasarkan para ahli, peta atlas dan globe, untuk mencari lokasi suatu objek geografi dalam atlas digunakan, pengertian globe berdasarkan para ahli.

Kamu niscaya pernah melihat kartu permintaan kesepakatan nikah yang di dalamnya terdapat peta lokasi! Peta remaja ini sudah banyak dipakai untuk kepentingan-kepentingan tertentu, mirip dalam permintaan kesepakatan nikah dan peta wilayah pedesaan yang disimpan di dinding kantor kepala desa. Sudah tahukah kau apa sebetulnya fungsi peta? Bagaimana cara membuatnya?

Kumpulan peta yang kau temukan di perpustakaan atau di toko buku dinamakan dengan atlas. Selain atlas, benda lain yang di dalamnya terdapat peta ialah globe. Pada pecahan ini, kau akan berguru ihwal peta, atlas, dan globe.

Pengertian Peta

Peta yaitu citra sebagian atau seluruh permukaan bumi dalam bidang datar dengan memakai skala tertentu. 
Sesuatu yang digambarkan dalam peta biasanya berupa bentuk alam atau data mengenai permukaan bumi yang diwujudkan dalam wujud simbol-simbol tertentu mirip gunung, laut, dataran rendah, dataran tinggi, jalan raya, jalan kerta api, kota, dan sungai. Jika kau ingin berguru lebih banyak ihwal peta, pelajarilah ilmu khusus ihwal perpetaan yang disebut kartografi.
Peta adalah citra permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta sanggup disajikan dalam banyak sekali cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak sampai peta digital yang tampil di layar komputer. (Wikipedia)

Pengertian Atlas

Atlas yaitu kumpulan peta yang disusun dalam bentuk buku. Atlas ini biasanya berupa bagian-bagian peta besar yang diperkecil, kemudian disusun dalam satu buku sehingga peta besar yang tadinya sulit dibawa-bawa menjadi lebih gampang dibawa dan dipakai bagi para pemakai informasi peta. Contohnya atlas dunia dan atlas negara.
Atlas adalah kumpulan peta yang disatukan dalam bentuk buku, tetapi juga ditemukan dalam bentuk multimedia. Atlas sanggup memuat informasi geografi, batas negara, statisik geopolitik, sosial, agama, dan ekonomi. (Wikipedia)
Untuk menciptakan atlas yang baik dan biar sanggup dipakai dengan gampang oleh para pemakai informasi peta, sebuah atlas harus memenuhi komponen kelengkapan sebagai berikut.
  1. Jilid/sampul yang berisi judul secara umum yang memuat peta-peta yang ada di dalamnya. Misal, atlas Indonesia yang berisi data informasi fisik, sosial, dan budaya Indonesia.
  2. Daftar isi yang memuat bagian-bagian judul peta beserta halaman.
  3. Daftar kependekan yang tercantum dalam setiap peta yang dibukukan.
  4. Setiap peta yang dibukukan dalam atlas mempunyai komponen yang lengkap.
  5. Memiliki indeks yang merupakan daftar istilah kunci dari banyak sekali informasi yang ada pada atlas.
  6. Mencatumkan gambar bendera negara-negara yang tercantum dalam peta suatu atlas meskipun bukan suatu keharusan.
Gambar: Peta (kiri), Atlas (tengah) dan Globe (kanan)

Pengertian Globe

Globe yaitu tiruan bentuk muka bumi dalam ukuran kecil. Globe merupakan alat peraga geografi yang paling gampang dipahami alasannya ialah bentuknya yang mirip bumi secara sebenarnya. Globe disebut juga miniatur bumi. 
Secara umum, globe ini banyak mempunyai manfaat dan kegunaan di antaranya untuk menirukan gerak rotasi dan revolusi bumi serta mengetahui persebaran bentuk kenampakan alam yang ada di dunia.
Globe adalah bola dunia berukuran kecil dalam bentuk tiga dimensi dengan kemiringan 66 ⅛ ° pada garis ekliptika (bidang edar bumi)dan dengan kemiringan 23 ⅛ ° dari matahari. Globe juga sanggup disebut sebagai model tiruan bumi yang memperlihatkan citra bentuk bumi sehingga mendekati bentuk sebenarnya. (Wikipedia)