Perekonomian Negara Malaysia

Pembahasan kali ini akan membahas wacana perekonomian di Malaysia, kondisi ekonomi, perekonomian dari sektor pembangunan, perekonomian dari sektor pertanian dan perkebunan, perekonomian dari sektor industri, perekonomian dari sektor perhubungan dan pariwisata dan perekonomian dari sektor perdagangan.


Perekonomian  Malaysia


1) Sektor Pertambangan

Hasil tambang ialah timah dengan pusatnya di Ipoh dan Kualalumpur. Tambangtambang yang lain yaitu besi, bauksit, emas, dan watu bara.

Daerah penambangan minyak bumi dan gas alam terdapat di tempat Serawak dan lepas pantai Semenanjung Malaysia (Miri dan Lutong). Pengolahan timah terbesar di Asia Tenggara terdapat di Penang.

2) Sektor Pertanian dan Perkebunan

Malaysia termasuk negara agraris (pertanian). Dataran alluvial yang subur menghasilkan padi sebagai flora pangan utama.

Tanaman perdagangan juga merupakan flora ekspor di antaranya karet, kelapa sawit, dan nanas. Lada hitam dihasilkan dari Serawak. Hasil hutan berupa kayu merupakan barang ekspor yang dihasilkan dari tempat Sabah.

Perkebunan yang paling besar di Malaysia ialah perkebunan karet. Keseluruhan kesudahannya mencapai 40% dari hasil karet seluruh dunia. Hasil –hasil pertanian lainnya ialah singkong dan beras.

3) Sektor Industri

Kawasan perindustrian yang terbesar dipusatkan di Pethaling Jaya dan Shah Alam, yaitu terdiri dari industri perakitan mobil, alat-alat rumah tangga, materi makanan, ban dan barang-barang dari plastik.

4) Sektor Perhubungan dan Pariwisata
Pembahasan kali ini akan membahas wacana perekonomian di Malaysia Perekonomian Negara Malaysia
Gambar: Perekonomian Negara Malaysia

Kualalumpur sebagai ibu kota dan sebagai kota raya. Kota raya lain ialah Penang.

Kedudukan Selat Malaka menjadi penting, sebab merupakan jalan kemudian lintas maritim dari negara-negara barat ke timur, di samping adanya Singapura sebagai pelabuhan penting di Asia Tenggara.

Bandar udara internasional di Malaysia terdapat di Kuala Lumpur dan Penang, sedangkan pelabuhan maritim yang terbesar di Kelang.

Kawasan pariwisata yang populer terdapat di Langkawi yaitu pulau mini yang bergunung-gunung serta pantainya sangat indah.

Objek wisata yang populer di Malaysia antara lain: museum nasional Kukit Nanas, Cameron, Highland di Pahang, Genting Highlands, Taman Negara, Temple Park, dan Taman Nasional Kinibalu.

Kota-kota pelabuhan penting di Malaysia, yaitu Kualalumpur (ibu kota Federasi Malaysia), Kucing (ibu kota Negara cuilan Serawak), Teluk Anson, Penang, Kinibalu, Swettenham, dan Weld)

5) Sektor Perdagangan

Kegiatan perdagangan berupa impor yaitu beras, mesin-mesin, alat-alat transportasi, bahan-bahan kimia, dan bahan-bahan elektronik serta ekspor berupa: karet, kayu olahan, kopra, timah, besi, dan minyak tanah.

Mitra dagang Malaysia yang utama : Jepang, Inggris, USA, Indonesia, Singapura dan Australia.