Struktur Anatomi Serta Bagian-Bagian Akar Dan Fungsinya

Berikut ini merupakan pembahasan wacana struktur akar, bagian-bagian akar, fungsi akar, fungsi tudung akar, fungsi akar pada tumbuhan, anatomi akar, macam-macam akar (akar serabut, akar dikotil).

Akar merupakan bab badan flora yang berada di dalam tanah. Tetapi, ada juga flora yang mempunyai akar yang tumbuh di udara. Bentuk dan struktur akar sangat beragam. Hal ini berkaitan dengan fungsi akar sebagai penyimpan cadangan makanan, akar sukulen, akar rambut, dan akar napas.

Pada flora dikotil dan monokotil, ujung akarnya dilindungi oleh tudung akar atau kaliptra semoga akar tidak rusak ketika menembus lapisan tanah. Pada flora dikotil, akar forum terus tumbuh sehingga dihasilkan akar tunggang.

Sedangkan, pada flora monokotil akar forum mati sehingga tidak sanggup tumbuh. Sebagai gantinya, dari pangkal batang akan tumbuh akar-akar yang mempunyai bentuk dan ukuran yang hampir sama. Akar-akar tersebut disebut akar serabut.
Berikut ini merupakan pembahasan wacana struktur akar Struktur Anatomi serta Bagian-bagian Akar dan Fungsinya
Gambar: Struktur Akar Tumbuhan

Bagian-bagian Akar dan Fungsinya

Anatomi akar dapat dilihat dengan memotong akar secara membujur. Urutan anatomi akar dari luar ke dalam yaitu epidermis, korteks, endodermis, dan stele (silinder pusat).

a. Epidermis

Sel-sel epidermis akar tersusun rapat, mempunyai selapis sel dan tidak mempunyai ruang antarsel. Dinding selnya tipis, tidak mempunyai kutikula, dan gampang dilewati air dan zat hara.

Sel epidermis ini mempunyai ciri khas, yaitu sanggup membentuk rambut akar. Rambut akar ini berfungsi memperluas permukaan akar sehingga peresapan zat menjadi lebih efisien.

b. Korteks

Korteks tersusun atas jaringan parenkim yang berperan untuk menyimpan cadangan makanan. Korteks terletak di bawah epidermis dengan bentuk sel relatif bulat. Sel-sel korteks mengandung amilum yang merupakan cadangan makanan.

c. Endodermis

Endodermis terdiri atas satu lapis sel dengan dinding sel yang tebal dan mengandung lilin. Endodermis terletak di antara silinder sentra dengan korteks. Endodermis berfungsi mengatur pemasukan air ke dalam jaringan angkut yang terdapat di dalam silinder pusat.

d. Stele

Stele merupakan bab terdalam akar, terdapat di bab tengah akar, di bawah endodermis. Stele mempunyai beberapa jaringan, antara lain perisikel, jaringan floem, dan xilem.

Perisikel merupakan sel parenkim yang terletak di antara endodermis dan jaringan pembuluh. Perisikel bersifat meristematis (selalu membelah) menyerupai kambium sehingga disebut perikambium.