Pengertian, Cara Dan Teladan Membaca Ekstensif Serta Menemukan Gagasan Utamanya

Bagaimanakah kemampuan membaca kalian dalam upaya menemukan gagasan dari beberapa sumber? Cukup baikkah?

Membaca ekstensif merupakan salah satu cara membaca dengan tujuan semoga sanggup menjangkau materi bacaan secara luas.

Dengan demikian, akan diperoleh sebuah pemahaman yang cukup memadai mengenai sebuah topik atau permasalahan tertentu.

Supaya bisa menerapkan teknik membaca ekstensif secara baik dan benar memang diharapkan sebuah proses latihan yang konsisten (tetap).

Selain itu, diharapkan pula kemauan berpengaruh untuk sanggup menjangkau bahan-bahan bacaan, baik yang berupa artikel maupun buku.

Makin banyak materi yang tersedia, berarti makin baik pula sarana yang tersedia bagi kalian untuk berlatih mempraktikkan teknik membaca ekstensif.

Setelah membaca keseluruhan materi yang tersedia, kalian sanggup mencatat beberapa gagasan penting yang disampaikan, baik melalui artikel maupun buku.

Kalian juga diharapkan bisa menyeleksi gagasan-gagasan yang diharapkan atau persamaan tema dengan permasalahan yang sedang dibicarakan.

Bacalah artikel di bawah ini!


.

Setelah membaca teks yang bersumber dari artikel dan buku di atas, kalian sanggup mencatat gagasan penting yang ada. Gagasan penting yang sanggup kalian catat menurut bacaan “Nyamuk: Pemakan Darah” adalah sebagai berikut.

Pada bacaan tersebut, memang secara khusus berbicara perihal nyamuk dengan tahap-tahap perkembangan dalam hidupnya: nyamuk-telur-larva-jentik-kepompong nyamuk.

Ada beberapa hal yang penting dalam bacaan tersebut, di antaranya berikut.

a. Secara umum, nyamuk merupakan pemakan nectar, yakni cairan cantik yang disekresikan oleh bunga tanaman (sari madu bunga).

b. Hanya nyamuk betina yang mengisap darah.

c. Protein darah ini dipakai sebagai materi masakan telur-telur nyamuk.

d. Sekali bertelur, nyamuk sanggup mengeluarkan 300 buah telur yang berupa koloni.

e. Perubahan warna telur nyamuk berfungsi sebagai kamuflase semoga tidak gampang terlihat oleh pemangsa.

f. Pada fase jentik, masakan mereka berupa kuman dan mikroorganisme lainnya. Mereka makan dengan cara menciptakan pusaran air kecil dalam air.

g. Fase sobeknya kepompong merupakan masa kritis nyamuk, alasannya yaitu tiupan angin yang sangat lembut sekalipun sanggup berakibat janjkematian bagi nyamuk.

Pengambilan gagasan atau pengetahuan yang terdapat pada bacaan diadaptasi dengan keperluan. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam pengambilan gagasan ataupun pengetahuan dari artikel yang kalian baca diharapkan pemilahan atau penyeleksian.

Sebagai contoh, contohnya kalian akan membuat karya tulis mengenai upaya mencegah demam berdarah dengan cara pemberantasan nyamuk.

Dalam menciptakan karya tulis tersebut, kalian sanggup mengambil gagasan penting yang kalian catat di atas sebagai tumpuan karya tulis kalian.

Jika kalian masih memerlukan tumpuan perhiasan lain, kalian sanggup melengkapinya dengan gosip lain yang mendukung, baik dari sumber yang sama maupun sumber lain yang sesuai.