Posisi Benua Dan Samudra Di Muka Bumi

Pembahsan kali ini membahas ttentang, benua dan samudra di muka bumi, benua dan samudra, benua dan samudera, posisi benua dan samudra di dunia dan  bentuk posisi benua dan samudra di dunia dan dimka bumi

Posisi Benua dan Samudra


Secara umum dikenal ada tujuh benua. Ketujuh benua tersebut dari yang terbesar yakni Benua Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antartika, Eropa, dan Australia.

Kadang ada yang menggabungkan Asia dan Eropa menjadi satu benua, yaitu Benua Eurasia. Ada pula yang menggabungkan Benua Amerika Utara dan Amerika Selatan menjadi satu benua, yaitu Benua Amerika.

Sekitar dua pertiga benua-benua di bumi ini terletak di sebelah utara garis ekuator. Sementara itu, samudra yang ada di bumi ini ada lima, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Arktik, Samudra Hindia, dan Samudra Selatan.

Kamu tentu telah mengetahui bahwa sebagian besar permukaan bumi ini terdiri atas air. Sebagian besar air tersebut berupa samudra yang mengelilingi daratan-daratan yang disebut benua.

Benua dan samudra menghiasi permukaan bumi. Setiap benua dan samudra mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.

Bagaimanakah posisi benua dan samudra yang ada di permukaan bumi ini? Untuk mengetahuinya perhatikanlah peta di samping
 Ketujuh benua tersebut dari yang terbesar yakni  Posisi Benua dan Samudra di Muka Bumi
Benua dan Samudra


Dari peta tersebut terlihat persebaran antara benua dan samudra yang ada di permukaan bumi. Dari peta terlihat bahwa benua yang terbesar yakni Benua Asia dan benua yang terkecil yakni Benua Australia.

Benua Asia terhubung dengan Benua Eropa. Antara Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, dan Afrika dipisahkan oleh Samudra Atlantik.

Samudra Hindia memisahkan Benua Asia, Australia, dan Afrika. Samudra yang paling luas yakni Samudra Pasifik yang memisahkan Benua Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia, dan Australia.

Dari peta di atas kau juga sanggup mengidentifikasi letak dan posisi geografi dari tiap-tiap benua dan samudra. Letak dan posisi geografi besar lengan berkuasa pada keadaan alam dan penduduknya. Letak dan posisi geografi dari tiap benua sanggup kau baca pada tabel berikut ini.

1. Asia 1°LU–75°LU dan 25°BT–170°BB.
2. Afrika 38°LU–35°LS dan 18°BB–51°BT.
3. Eropa 36°LU–71°LU dan 10°BB–71°BT.
4. Amerika Utara 70°LU–9°LS dan 76°BB–168°BB.
5. Amerika Selatan 120°LU–56°LS dan 34°BB–81°BB.
6. Australia 10°LS–39°LS dan 113 BT–153°BT.
7. Antartika 60°LS–90°LS, 0°–180°BT, dan 0°–180°BB.