Botani Alamanda: Ciri Morfologi, Penjabaran Dan Manfaat

Bunga Alamanda yaitu flora dari Brazil yang sering dipakai sebagai tumbuhan hias alasannya yaitu bentuk bunganya yang menarik ibarat terompet. Tumbuhan. Nama latin / ilmiah bunga Alamanda yaitu Allamanda cathartica L. Dalam artikel ini akan dijelaskan deskripsi bunga alamanda mencakup ciri-ciri morfologi, klasifikasi, habitat, dan manfaat. 


Ciri-ciri Morfologi

Gambar 1. Botani Alamanda
Alamanda merupakan flora perdu, perlu memanjat, berumur panjang (perenial), tinggi bisa mencapai 3 – 8 m, mengandung getah. Akar tunggang. Batang berkayu, silindris, terkulai, warna hijau, permukaan halus, percabangan monopodial, arah cabang terkulai.

Daun tunggal, berkarang, berbilangan 3 – 4 , tersusun berhadapan (folia oposita), bertangkai pendek warna hijau, bentuk jorong / bundar telur terbalik bentuk lanset, panjang 5 - 15 cm, lebar 2 - 5 cm, helaian daun tebal, tepi rata, ujung dan pangkal meruncing (acuminatus), permukaan atas dan bawah halus. Daun penumpu berada di ketiak, mempunyai bentuk kelenjar.

Bunga majemuk, berbentuk tandan (racemus) lepas di ujung, muncul di ketiak daun dan ujung batang. Kelopak terbagi dalam, taju tidak sama, bentuk lanset.  Mahkota berbentuk corong (infundibuliformis) - berwarna kuning, pada pangkal agak melebar, pada separonya mendadak melebar membentuk lonceng, panjang mahkota +/-8 mm – 7 cm, leher penuh dengan sisik yang terbelah dalam umbai, daun mahkota berlekatan (gamopetalus) taju mahkota luas bundar telur, menutup ke kiri. Benang sari tertancap dalam leher, tangkai benang sari pendek. Tonjolan dasar bunga berbentuk cincin, berlekuk 5 lemah. Bakal buah rata, beruang 1, papan biji 2, menempel di dinding. Bakal biji banyak. Kepala sari tebal, silindris, di sebelah bawah dengan selaput mengarah ke bawah, pada ujung bertaju 2 pendek, runcing.

Buah kotak (capsula) berkatup 2, bentuk bundar atau telur, pipih, berduri tempel, panjang +/- 3,5 cm, bentuk dengan biji pipih lebar segitiga, serupa selaput, berwarna hijau pucat ketika muda - sehabis bau tanah menjadi hitam. Perbanyaan generatif (biji), vegetatif (stek).

Rumus Bunga = *, banci, K5 [ C (5) A (5) G (2)


Klasifikasi
Klasifikasi ilmiah bunga Alamanda yaitu sebagai berikut:

Kingdom: Plantae
_Subkingdom: Tracheobionta
__Superdivisi: Spermatophyta
___Divisi: Magnoliophyta
____Kelas: Magnoliopsida
_____Subkelas: Asteridae
______Ordo: Gentianales
_______Famili: Apocynaceae
________Genus: Allamanda
_________Spesies: Allamanda cathartica L.


Habitat
Secara umum, tumbuhan ornamental ini gampang tumbuh dengan intensitas cahaya matahari yang cukup. Jika tumbuhan ini ternaungi, maka kemampuan berbunga cenderung berkurang. Iklim yang cocok untuk pertumbuhan tumbuhan ini yaitu tropis.

Manfaat
Bunga alamanda mempunyai manfaat sebagai tumbuhan hias. Tanaman ini bisa memanjat dan mempunyai bentuk bunga ibarat terompet. Warna bunga alamanda pada umumnya yaitu kuning, namun terdapat juga bunga alamanda warna ungu, merah dan putih. Hal tersebut yaitu variasi dikarenakan faktor genetik. Meskipun tumbuhan ini mempunyai potensi sebagai antibakteri, namun tumbuhan ini tidak bisa digunakan sebagai obat herbal alasannya yaitu seluruh kandungan tumbuhan bersifat racun allamandin yang sanggup menyebabkan iritasi. Namun anda tidak perlu khawatir dengan tingkat racunnya selama tidak dikonsumi.