Ciri-Ciri, Klasifikasi, Dan Manfaat Flora Zodia (Evodia Suaveolens)


Tahukah Anda banyak sekali tumbuhan disekitar kita yang sanggup dimanfaatkan keberadaannya. Tanaman Zodia merupakan salah satu tumbuhan yang sanggup memperlihatkan manfaat bagi kita. Tanaman yang berasal dari Papua ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pengusir nyamuk dan serangga. Cara pemanfaatannya yang terbilang cukup simpel serta ekonomis, hanya dengan mengusapkan daun Zodia ke sekujur badan sehingga tumbuhan ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat di Papua.

Saat ini sudah banyak orang yang tertarik untuk menanam tumbuhan Zodia, alasannya yaitu keberadaannya yang sangat bermanfaat yaitu sanggup mengusir serangga dan nyamuk. Bentuk batang tumbuhan yang cukup kecil dan tidak terlalu tinggi juga sanggup dimanfaatkan sebagai tumbuhan hias. Kita sanggup mendapat keuntungannya hanya dengan menanam tumbuhan Zodia di dalam pot dan diletakkan di dalam rumah. Pasalnya ketika daun-daun saling bergesekan akan menjadikan aroma seolah-olah dengan aroma jeruk yang tidak disukai oleh nyamuk.

Zodia merupakan tumbuhan biji berkeping dua (Dikotil) yang berasal dari suku jeruk-jerukkan (Rutaceae) mempunyai tinggi rata-rata sekitar 75 cm. Memiliki bentuk daun pipih memanjang berkisar 2-30 cm serta warna hijau kekuning-kuningan. Tanaman orisinil dari Papua ini sudah banyak di budidayakan di beberapa tempat contohnya di Pulau Jawa. Tanaman Zodia ini tidak terlalu tinggi sehingga banyak diminati oleh banyak orang sebagai tumbuhan hias oleh alasannya yaitu itu ketika ini keberadaannya cukup gampang ditemui diberbagai daerah.

Hasil sulingan minyak daun tumbuhan Zodia menghasilkan senyawa linalool yang sanggup mengusir nyamuk dan serangga. Hal ini telah dibuktikan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro). Selain itu aroma yang dikeluarkan oleh daun yang bergesekan tidak disukai oleh nyamuk sehingga cukup menanamnya saja di pot tumbuhan ini sanggup mengusir nyamuk.

Sebenarnya banyak jenis tumbuhan di Indonesia yang sanggup mengusir nyamuk diantaranya tumbuhan Geranium yang merupakan tumbuhan pengusir nyamuk yang juga banyak digemari, tetapi tumbuhan Zodia sanggup tahan hidup lebih usang serta tidak memerlukan perawatan khusus.

Memperindah ruangan dengan tumbuhan Zodia kita sanggup mendapat dua manfaat sekaligus yaitu sebagia tumbuhan hias juga sebagai pengusir nyamuk. Sepertinya bukan pilihan yang jelek mempunyai tumbuhan Zodia di rumah. Selain cara penanamannya yang cukup mudah, tumbuhan Zodia ini tidak memerlukan perawatan yang khusus. Hanya menjaganya dengan memastikan tanah dalam kondisi yang lembab tidak kekeringan, Anda sanggup menikmati khasiatnya disetiap saat.

Tanaman Zodia mempunyai nama latin/ilmiah Evodia suaviolens dengan pembagian terstruktur mengenai sebagai berikut:

Kingdom: Plantae
_Subkingdom: Tracheobionta
__Superdivisi: Spermatophyta
___Divisi: Magnoliophyta
____Kelas: Magnoliopsida
_____Subkelas: Rosidae
______Ordo: Sapindales
_______Famili: Rutaceae
________Genus: Evodia
_________Spesies: Evodia suaviolens

Penulis: Lilik Alfiani