Gigitan Menyerupai Harimau, Katak Beelzebufo Ampinga Bisa Memangsa Dinosaurus



Percaya atau tidak? ternyata ada katak yang bisa memangsa dinosaurus. Seperti yang kita ketahui katak merupakan binatang jenis amphibia yang biasanya hanya memakan serangga. Namun, baru-baru ini telah ditemukan katak yang bisa memakan dinosaurus. Katak tersebut berjulukan Beelzebufo ampinga atau bisa disebut katak bertanduk dari genus Ceratophrys.

Seperti yang dilansir dari laman Sci News (20/09/2017), katak Beelzebufo ampinga merupakan spesies yang telah punah dan tinggal di Madagaskar pada zaman Cretaceous sekitar 68 juta tahun yang lalu. Menurut peneliti dari Universitas Politeknik California, spesies katak tersebut bisa memakan dinosaurus kecil.

Kesimpulan katak bertanduk bisa memakan dinosaurus menurut kekuatan gigitannya. Katak bertanduk sendiri mempunyai rahang yang berpengaruh sehingga bisa memangsa binatang sebesar mereka termasuk katak, ular, dan binatang pengerat lainnya. Hal ini berbeda dengan katak pada umumnya yang mempunyai rahang lemah dan biasanya mengkonsumsi mangsa kecil.

Katak bertanduk yang masih kecil dan mempunyai lebar kepala sekitar 1,8 inci (4,5 cm), bisa menggigit dengan kekuatan 30 newton (N) atau sekitar 3 kilogram. Sedangkan katak yang berukuran besar dan mempunyai lebar kepala hingga 4 inci (10 cm), akan mempunyai kekuatan gigitan hampir 500 N. Hal tersebut sebanding dengan reptil dan mamalia dengan ukuran kepala yang sama.

Para peneliti memperkirakan bahwa kekuatan gigitan katak Beelzebufo yang telah punah mungkin telah menggigit hingga 2.200 N, sebanding dengan predator mamalia andal menyerupai serigala dan harimau betina. ''Pada kekuatan gigitan tersebut, Beelzebufo ampinga akan bisa menundukkan dinosaurus kecil dan remaja," kata Dr. Jones dari University of Adelaide dan Museum Australia Selatan.

Profesor Kristopher Lappin, dari California State Polytechnic University menjelaskan bahwa katak bertanduk mempunyai gigitan yang mengesankan dan cenderung tidak melepaskannya. "Gigitan Beelzebufo ampinga remaja niscaya luar biasa, pastinya bukan sesuatu yang ingin aku alami secara langsung." Ujarnya.

Penulis: Ahmad Edi Dermawan

Sumber: http://www.sci-news.com/biology/giant-prehistoric-frogs-ate-small-dinosaurs-05241.html
Credit Photo: https://21stoleti.cz/2017/11/27/obri-zaba-beelzebufo-ampinga/