Rafflesia Kemumu, Spesies Gres Dari Bengkulu

Kabar menyenangkan dari Indonesia khususnya dari Pulau Sumatra yakni telah ditemukannya spesies baru. Temuan gres tersebut berupa flora padma langka yang diberi nama latin/ilmiah Rafflesia kemumu. Spesies gres tersebut berasal dari Bengkulu Utara, Sumatra yang biasanya berbunga antara bulan Agustus hingga November.

Gambar 1. Rafflesia kemumu.

Spesies gres ini mempunyai kemiripan dengan Rafflesia gadutensis jika dilihat dari ukuran pada bunga ketika mekar, namun terdapat perbedaan warna serta tidak adanya bintik pada diafragma di bab atas; susunan bintik (wart) yang terdapat pada dua lingkaran di jendela (windows) erat bukaan diafragma, tipe dan penyebaran ramentanya, dan jumlah anther.

Gambar 2. Warna lobus perigone dan contoh bercak pada Rafflesia gadutensis (A, C) dan Rafflesia kemumu (B, D). Warna lobus perigone Rafflesia gadutensis yakni merah marun (A) dan lobus perigone pada Rafflesia kemumu yakni berwarna jingga bau tanah (B). Bercak besar (lw) dikelilingi oleh bercak kecil (sw).

Ciri-ciri Morfologi Rafflesia kemumu antara lain:

  1. Memiiki lobus perigon dengan warna jingga hingga jingga gelap
  2. Terdapat bintil kecil yang mengelilingi bintil besar
  3. Terdapat 23 prosesi yang berbentuk kerucut dengan ujung yang membulat yang tersusun dalam dua lingkaran masing-masing berjumlah 15 dan 7 serta satu prosesi di tengah cakram.
Rafflesia kemumu mempunyai dua tipe ramenta jamur (toadstool) sederhana dan beragam di bab atas tabung perigone. Ramenta tipe jamur dicirikan pada bab ujung atasnya mirip jamur dan berwarna putih. Tipe berikutnya yakni mempunyai ramenta yang bentuknya mirip brokoli yang tersebar dari bab bawah dinding perigon hingga tersebar hampir ke bab ujung atasnya.

Gambar 3. Struktur ramenta dari R. kemumu dan distribusinya yang tersebar di permukaan dalam tabung perigone. Jenis Ramenta: mirip brokoli sederhana (bs), mirip brokoli bercabang (bb), mirip brokoli biasa (b), jamur/toadstool sederhana (st), dan toadstool beragam (ct1, ct2). Foto tersebut merupakan ramenta pada penampang melintang tabung perigone: dari dasar hinga tengah (A) dan dari tengah hingga bab atas tabung (B).

Klasifikasi Rafflesia kemumu

Kingdom: Plantae
_Divisi: Magnoliophyta
__Kelas: Magnoliopsida
___Ordo: Malpighiales
____Famili:Rafflesiaceae
_____Genus: Rafflesia
______Spesies: Rafflesia kemumu


Glosarium

Jendela/Windows yaitu kumpulan bercak yang mempunyai warna putih dan pada umumnya berbetuk bulat, berjajar serta membentuk lingkaran yang terputus-putus. Jumlah lingkaran yang menyusun jendela Rafflesia dapat dijakdikan untuk identifikasi jenis-jenis Rafflesia. Fungsi dari jendela yakni berperan sebagai ruang kelua-masuknya penyerbuk untuk masuk dan keluar dari tabung perigon.

Ramenta adalah struktur yang mirip mirip bulu dan biasanya tersebar mulai dari bab dasar tabung perigon bab dalam hingga bab bawah permukaan dalam diafragma. Struktur bentuk, jenis, contoh sebaran, dan ukuran ramenta sangat bermacam-macam sehingga sanggup dipakai sebagai salah satu ciri abjad untuk membedakan jenis-jenis Rafflesia yang lain.

Perigon yaitu struktur Rafflesia saat bunga mekar, biasanya kita sanggup melihat lima helai perigon. Perigon berasal dari tabung perigon (perigone tube). Helai perigon yaitu struktur bunga Rafflesia yang mempunyai peranan mirip mahkota bunga. Fungsi perigon yaitu untuk menarik penyerbuk (polinator). Pada bab dasar tabung perigon pada umumnya terdapat dua struktur gulutan atau gelang yang melingkari kolom tengah.

Kolom tengah adalah struktur yang muncul menjulang dari dasar tabung perigon. Pada bab atas kolom tengah ada terdapat struktur yang berbentuk cakram (disc) serta  dilengkapi dengan gigir cakram (disc rim). Pada bab atas cakram terdapat struktur yang disebut prosesi.

Prosesi adalah struktur di bab atas cakram yang sebagian besar berbentuk kerucut atau kerucut pipih dengan warna jingga bau tanah atau coklat di bab puncaknya, dan berangsur-angsur berwarna kuning gading pada bab bawah. Tiap prosesi berjajar dan membentuk lingkaran. Jumlah lingkaran serta jumlah prosesi sanggup dipakai sebagai kunci identifikasi Rafflesia.


Diafragma adalah srtuktur di bab tengah atas bunga yang mekar, ada gelang dengan ukuran lebar tertentu. Lubang pada bab tengah bunga disebut lubang diafragma.

Bintil/Bercak (Wart) adalah struktur di permukaan atas helai perigon dan diafragma yang berbentuk speperti bintil atau bercak dengan banyak sekali warna dan ukuran. Warna bercak ini pada umumnya berwarna putih, jingga atau merah muda. Pola bercak di kedua kawasan tersebut sanggup dijadikan untuk kunci identifikasi jenis Raffllesia.

Penulis: Mh. Badrut Tamam, M. Sc.

Referensi:
Agus Susatya, et al. 2017. Rafflesia kemumu (Rafflesiaceae), a new species from Northern Bengkulu, Sumatra, Indonesia. Phytotaxa 326 (3): 211–220.

Susatya, A. 2011. Rafflesia: Pesona Bunga Terbesar di Dunia. Direktorat Kawasan Konservasi dan Bina Hutan Lindung.