Unik, Spesies Gres Cicak Berjari Sisik Ditemukan Di Pantai


Sebuah inovasi cicak jenis gres berasal dari Pulau Kei, Maluku. Cicak teresebut diberi nama latin Lepidodactylus pantai. Pemberian nama penunjuk spesies “pantai” dikarenakan habitat cicak ini berada di bebatuan yang berdekatan bersahabat zona intertidal laut. 

Sebelumnya, genus Lepidodactylus terdiri dari 33 spesies yang distribusinya banyak dijumpai di Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik. Dengan ditemukannya spesies gres ini maka menambah daftar gres dari genus tersebut. 

Lepidodactylus berasal dari bahasa latin lepidos = sisik; dactyl = jari. Secara morfologi, genus ini memang sanggup dibedakan menurut bentuk alas perekat pada kakinya (scansor). Lepidodactylus pantai berbeda dengan spesies lainnya terutama adanya pecahan pada scansor di bab terminal pada jari ke-4 dan juga mempunyai ekor berbentuk silinder tanpa gerigi. 

Scansor pada L. pantai

Uji molekuler juga dilakukan untuk mengetahui filogenetika spesies gres tersebut. Analisis molekuler dengan memakai gen mitokondria NADH Dehydrogenase Subunit 2 (ND2).  Hasil analisis dengan Lepidodactylus yang lain menunjukkan bahwa L. pantai membentuk clade sendiri serta mempunyai relasi dengan populasi Sister Taxon yang berada di Palau. 

Filogenetika genus Lepidodactylus

Klasifikasi Lepidodactylus pantai

Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Reptilia
Ordo: Squamata
Famili: Gekkonidae
Subfamili: Gekkoninae
Genus: Lepidodactylus
Spesies: Lepidodactylus pantai

Referensi:
Alexander L. Stubbs, Benjamin R. Karin, Umilaela Arifin, Djoko T. Iskandar, Evy Arida, Sean B. Reilly, Luke M. Block, Agus Kusnadi and Jimmy A. McGuire. 2017. A New Species of Lepidodactylus (Reptilia: Squamata: Gekkonidae) from the Kei Islands, Maluku, Indonesia. Zootaxa 4350 (1): 91–105.