Menjaga Takdir Usia Melalui Telomer


Sepertinya aku memberi judul artikel ini terlalu mainstream. Seperti halnya jodoh dan rezeki, janjkematian pun sudah ditakdirkan sama Tuhan. Namun, ada hal yang perlu kita ketahui bahwa ketiganya yaitu takdir yang kita sendiri menjemputnya dengan perjuangan kita. Jika ingin rezeki ya bekerja, kalau ingin jodoh ya dicari, kalau ingin panjang umur ya dijaga kesehatannya. Makara ceramah nih...

Oke, ibarat goresan pena aku sebelumnya mengenahi pengertian telomer dan sejarahnya serta formula rahasianya yang sudah aku bahas di artikel Telomer: Rahasia Keabadian Sel Tubuh, dan kali ini aku akan membahas wacana peranan dari telomer.

Klik gambar untuk memperbesar! Ujung kromosom yang baik mempunyai topi kecil ibarat ujung tali sepatu di kepingan ujung yang disebut telomer. Setiap kali sel membelah, ukuran telomer menjadi lebih pendek, ibarat tali usang. Anda perlu memperbaiki ulang ujung tali sepatu tersebut dengan enzim telomerase

Telomer berfungsi untuk menjaga semoga DNA kita tidak mengalami aberasi yang berlebihan yang dibantu rekannya yakni enzim telomerase. Pentinganya semoga telomer tidak memendek terlalu ekstrim, maka kita perlu yang namanya menjaga teladan hidup sehat kita. Tugas kita yaitu memperkuat ujung plastik tali sepatu kita yang disebut dengan telomer. Karena tiap kali membelah ujung plastik terebut rusak dan menjadi usang. Untuk memperbaikinya kita butuh yang namanya enzim telomerase semoga ujung tali sepatu tersebut tetap membaik dan tidak gampang terurai alias memendek.

Banyak sekali jurnal penelitian yang aku temukan yang menyebutkan bahwa telomer pendek berkaitan dengan usia dan penyakit (Jika membutuhkan Jurnal dapat request ke saya). Berikut adalah grafis korelasi antara usia dan panjang telomer:



Sekarang kita sudah tahu bahwa usia mempengaruhi panjang telomer, namun ada juga usia masih muda namun mempunyai telomer yang pendek yang dikenal dengan istilah progeria. Penderita genetis ini mengalami penuaan sebelum waktunya.

Sam Berns yang usia masih 13 tahun mengalami progeria.

Penyebab dan Akibat Telomer Memendek
Tentu saja penyebab memendeknya telomer banyak hal ibarat genetis, usia, dan tentunya lingkungan. Saat ini faktor lingkungan paling mendominasi untuk memendeknya telomer ibarat teladan hidup tidak sehat, stress, kegemukan, merokok, dan kelebihan lemak perut. Sebagai jawaban dari telomer memendek yaitu selain penuaan juga memicu penyakit ibarat kanker, serangan jantung, dan beberapa penyakit lain.




So, mulai ketika ini mari kita jaga telomer kita dengan cara berikut:

  1. Memberikan nutrisi tubuh seperti: Vitamin B, Vitamin D, Antioksidan, Minyak Ikan, dan Resveratol.
  2. Menjaga berat badan
  3. Menjaga lemak perut
  4. Mengurangi stress
  5. Olah raga
  6. Tidak merokok

Untuk memperoleh isu Formula Telomer, Silahkan menghubungi:
Mh. Badrut Tamam, M. Sc.
Phone: 081332137404, 085743497216 (Indonesia)
email: info@generasibiologi.com