Telomer: Diam-Diam Keabadian Sel Tubuh


Sekitar tahun 2011, usai mata kuliah Genetika Sel di Kampus Pascasarjana Biologi UGM, aku dan teman sekampus membahas bagaimana caranya mempertahankan telomer dalam sel biar kita bisa awet muda dan panjang umur. Kami hanya memprediksi niscaya ada sesuatu terobosan untuk membantu mempertahankan telomer biar tidak memendek. Kami pun menutup dialog ringan dengan jawaban "pengharapan". 

Pengertian Telomer
Well, apa itu telomer? Telomer yaitu bab ujung kromosom yang berfungsi biar kromosom tidak memendek dikala pembelahan sel terjadi. Bagi teman yang masih awam, bayangkan di dalam badan kita ada yang namanya gen yang tersimpan dalam bentuk kromosom yang panjang menyerupai tali sepatu dan ujung tali sepatu ada plastik menyerupai sedotan biar untaian tidak terurai dan itulah citra dari telomer. Kromosom sendiri terletak di dalam inti sel. Ingat inti sel loh ya...!!! Sel saja kecil apalagi intinya, dan ini malah di dalam inti sel. Subhanallah... Sementara untuk menjaga ujung "tali sepatu" tersebut diharapkan enzim yang dinamakan telomerase (pake imbuhan -ase).

Telomer alias ujung kromosom yang pendek akan semakin menua usia bioligis manusia.

Sejarah Penemuan Telomer
Telomer pertama kali ditemukan oleh  Elizabeth Blackburn di Yale University bersama Joseph Gall dan dipublikasikan pada tahun 1978. Kemudian pada tahun Elizabeth Blackburn, Carol Greider, dan Jack Szostak memenangkan hadiah nobel di bidang kedokteran dalam penemuannya wacana bagaimana telomer dan telomerase bisa menjaga kromosom.

Selanjutanya, William Henry "Bill" Andrews, Ph.D. bersama timnya di Geron Corporate yaitu orang pertama yang mengidentifikasi telomerase manusia. Beliau juga bisa memperbanyak telomerase dan berusaha untuk mengeksplorasi bagaimana biar awet muda dengan meningkatkan jumlah telomerase. Andrew balasannya mencari molekul yang bisa bisa mengikat sisi represor dari telomerase biar kinerja telomerase bekerja maksimal.

Pada tahun 1999, Andrew balasannya mendirikan perusahaan sendiri bernama Sierra Sciences dan melanjutkan penelitiannya untuk terus mencari represor telomerase. Pada tahun 2008, dia memakai gen C0057684 dan men-screening 4.000 materi kimia per ahad untuk menemukan formula biar telomer bisa bertahan stabil.

Akhirnya, penantian berakhir pada tahun 2010 ketika Andrew bertemu dengan John Anderson, seorang master formula produk nutrisi yang sudah lebih dari 2300 produk telah diciptakan. Setahun kemudian balasannya mereka berdua berhasil menemukan formula yang sempurna untuk melindungi dan menjaga telomer dan telomerase yang dikenal Product B, telomere-supporting nutraceutical. Produk ini bersisi 1.000 materi alami yang sudah dipatenkan.

Impian yang Terwujud
Ternyata inovasi formula tersebut pada tahun 2011 di dikala aku sedang berandai-andai biar bisa menikmati formula khusus untuk telomer. Tanpa dugaan, aku mendapat usul seminar di Kuala Lumpur pada tanggal 23 Maret 2014 yang pembicaranya yaitu dr. Suk Cho yang merupakan Chief Science Officer di industri yang bekerkolaborasi dengan William Henry "Bill" Andrews. dr. Suk Cho menjelaskan detail mengenai telomer dan formula yang dikembangkan oleh John Anderson dan Bill Andrews. 

Formula untuk telomer biar awet muda.

Saya jadi terkagum, ternyata aku dipertemukan dengan formulanya. Usai seminar aku mencari dr. Suk Cho dan bertanya panjang lebar mengenahi formula keren ini. Impian untuk bisa mengenal formula untuk telomer balasannya terwujud. 

Saya lagi berpose dengan dr. Suk Cho (Mirip Jackie Chan, Hehehe...)

Apa Pentingnya Telomer?
Kali ini aku akan menciptakan rangkuman singkat saja, alasannya untuk klarifikasi lebih lanjut silahkan baca artikel aku di Menjaga Takdir Usia Melalui Telomer

Sewaktu kita masih kecil, ukuran telomer kita masih panjang dan akan terus memendek seiring dengan bertambahnya usia, pencemaran, contoh hidup yang tak sehat, dan sebagainya. Bahkan telomer yang memendek juga menghipnotis adanya kanker. Kaprikornus usahakan jagalalah telomer Anda tetap membaik dengan adanya peningkatan kinerja telomerase.
 usai mata kuliah Genetika Sel di Kampus Pascasarjana Biologi UGM Telomer: Rahasia Keabadian Sel Tubuh


Untuk memperoleh gosip Formula Telomer, Silahkan menghubungi:
Mh. Badrut Tamam, M. Sc.
Phone: 081332137404, 085743497216 (Indonesia)
email: info@generasibiologi.com