Spesies Baru: Lalat Hitam Dari Kalimantan

 Pulau Kalimantan ialah pulau terbesar di Asia Tenggara Spesies Baru: Lalat Hitam dari Kalimantan

Pulau Kalimantan ialah pulau terbesar di Asia Tenggara. Sebuah spesies gres lalat hitam telah ditemukan di Paser, Kalimantan Timur, Indonesia. Spesies gres ini termasuk famili Simuliidae (Diptera). Sebelumnya menurut data yang ada, di Kalimantan terdapat 38 spesies yang masuk dalam genus Simulium yang dibagi menjadi 18 subgenus Gomphostilbia dan 17 subgenus Simulium dan 3 subgenus Nevermannia.

Sebuah tim peneliti yang melibatkan hebat entomologi dari Universitas Mulawarman, Samarinda menemukan spesies baru. Awalnya, para peneliti melaksanakan inventarisasi serangga jenis lalat hitam dan ditemukan 9 jenis. Dari inventarisasi tersebut, dua diantaranya belum pernah diidentifikasi dan sisanya jenis lalat yang sudah pernah diidentifikasi.

Spesies gres tersebut sehabis dilakukan identifkasi, maka diberi nama ilmiah Simulium kalimantanense, nama penunjuk spesies diberikan untuk menghormati Pulau Kalimantan dimana ditemukannya spesies tersebut yang dipublikasi ke dalam Journal of Medical Entomology dan sudah diregistrasi di www.zoobank.com.

Sementara untuk mengenai kebiasaan sikap binatang ini belum diketahui menyerupai apakah membawa vektor penyakit tertentu. Pasalnya kerabat dekatnya menyerupai Simulium asakoae, dari subgenus Gomphostilbia, telah diketahui dan dikenal sebagai vektor  filariasis (penyebab kaki gajah).

Referensi:
A New Species of Simulium (Gomphostilbia) (Diptera: Simuliidae) From Kalimantan, Indonesia, With Keys to Identify 19 Bornean Species of the Subgenus Gomphostilbia