Pasar Mingguan (Pengertian Dan Contohnya)

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Pada kesempatan kali ini, akan dibahas hal yang ringan saja ya, yaitu wacana Pasar Mingguan. Apa sih Pasar Mingguan itu?

Pengertian Pasar Mingguan

Pasar mingguan ialah pasar yang acara jual belinya berlangsung setiap satu ahad sekali yaitu pada satu hari tertentu. Biasanya Pasar Mingguan di tempat dengan jumlah penduduk yang sedikit, yaitu di pedesaan. 

 ialah pasar yang acara jual belinya berlangsung setiap satu ahad sekali yaitu pada  Pasar Mingguan (Pengertian dan Contohnya)

Contoh Pasar Mingguan antara lain :
  • Pasar Minggu, yaitu pasar yang hanya berlangsung pada hari Minggu,
  • Pasar Senin, yaitu pasar yang hanya berlangsung pada hari Senin,
  • Pasar Selasa, yaitu pasar yang hanya berlangsung pada hari Selasa, dan seterusnya.

Selain pasar berdasarkan hari tersebut di atas (Minggu, Senin, Selasa, dst...)  ada juga jenis pasar yang sanggup dikategorikan sebagai Pasar Mingguan, yaitu Pasar berdasarkan “Pasaran”. Apa itu “pasaran”?

Pasaran merupakan istilah dari tempat Jawa yang terdiri dari 5, yaitu Pon, Wage, Kliwon, Legi, dan Pahing. Dimana setiap pergantian hari, juga berganti pasaran. Penggunaan pasaran biasanya disandingkan dengan nama hari. Contoh, kalau hari ini ialah Senin Kliwon, maka esok ialah hari Selasa Pahing, dan seterusnya.

......Wah kok hingga kemana-mana ya bahasnya, Hehe.....

Kaprikornus teladan Pasar Mingguan berdasarkan pasaran yaitu : ( ....mungkin hanya ada di Jawa ini....)
  • Pasar Pon : Pasar yang hanya berlangsung pada pasaran Pon
  • Pasar Wage : Pasar yang hanya berlangsung pada pasaran Wage, dan seterusnya.
Baca pula : Pasar (Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis / Macam, dan Contohnya)

Baiklah,  aku rasa cukup sekian yang sanggup aku sampaikan wacana Pasar Mingguan.. Terima kasih telah membaca goresan pena singkat ini.