3 Cara Menciptakan Magnet Buatan Sederhana Beserta Gambarnya Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan wacana tutorial cara menciptakan magnet buatan, cara menciptakan magnet sederhana beserta gambarnya, cara menciptakan elektromagnetik, cara menciptakan listrik dari magnet, dan cara pembuatan magnet.

3 Cara Membuat Magnet

Bahan-bahan yang sanggup dibentuk menjadi magnet yaitu kelompok bahan-bahan yang bersifat magnetik, ibarat baja dan besi.

Ada tiga cara untuk menciptakan magnet, yaitu dengan cara menggosok, mengalirkan arus listrik, dan induksi magnetik. Agar kau lebih memahami cara menciptakan magnet, pelajarilah uraian berikut ini dengan baik!

1. Membuat Magnet dengan Menggosok

Tahukah kau bagaimana cara menciptakan sebuah baja atau besi menjadi magnet? Mari kita lakukanlah acara berikut!

Membuat Magnet dengan Menggosok

Alat dan bahan:

Sebuah magnet batang, satu batang besi dan beberapa buah jarum.

Prosedur kerja:

1. Peganglah magnet batang, kemudian gosokkan ujung magnet tersebut pada sepanjang permukaan batang besi dalam satu arah saja. Lakukan selama lima menit. Perhatikan gambar di bawah ini.

2. Dekatkan batang besi yang telah digosok magnet batang dengan jarum. Amatilah apa yang terjadi.

3. Apakah kesimpulan dari percobaan di atas?
Berikut ini merupakan pembahasan wacana tutorial cara menciptakan magnet buatan 3 Cara Membuat Magnet Buatan Sederhana beserta Gambarnya Lengkap
Gambar: Cara Membut Magnet dengan Menggosok

Batang besi atau baja yang telah digosok selama beberapa menit dengan magnet batang akan menjadi magnet. Kutub magnet yang dihasilkan di ujung batang besi atau baja yang digosok selalu berlawanan dengan kutub magnet yang menggosoknya.

2. Membuat Magnet dengan Mengalirkan Arus Listrik

Tahukah kau bagaimana cara menciptakan magnet dengan memakai arus listrik? Mari mencoba menciptakan magnet dengan memakai arus listrik melalui acara berikut!

Membuat Magnet dengan Cara Mengalirkan Arus Listrik

Alat dan bahan:

Sebuah paku yang panjangnya 5 cm, dua buah baterai, beberapa batang jarum, dan kawat penghantar secukupnya.

Prosedur kerja:

1. Lilitkan kawat pada sebuah paku. Kemudian, hubungkan kedua ujung kawat dengan kutub konkret dan negatif baterai. Perhatikan gambar di bawah ini.

2. Dekatkan paku yang telah dililit kawat tersebut dengan jarum. Amatilah apa yang terjadi.

3. Apakah kesimpulan dari percobaan di atas?
Berikut ini merupakan pembahasan wacana tutorial cara menciptakan magnet buatan 3 Cara Membuat Magnet Buatan Sederhana beserta Gambarnya Lengkap
Gambar: Membuat Magnet dengan Aliran Listrik

Dari Kegiatan di atas, kau sanggup mengamati bahwa paku sanggup dibentuk menjadi magnet dengan cara diberi arus listrik melalui kawat yang dililitkan pada paku. Magnet yang dibentuk dengan memakai arus listrik dinamakan dengan elektromagnet.

3. Membuat Magnet dengan Cara Induksi

Pernahkah kau mendekatkan beberapa batang paku pada magnet? Apa yang terjadi kalau kau mendekatkan paku yang sudah melekat pada magnet dengan paku lainnya?

Dari Gambar di atas, kau sanggup mengamati bahwa paku sanggup dibentuk menjadi magnet dengan cara didekatkan pada sebuah magnet kuat.

Cara menciptakan magnet dengan cara mendekatkan batang baja atau besi pada sebuah magnet besar lengan berkuasa dinamakan induksi magnetik. Nah, semoga lebih paham bagaimana cara menciptakan magnet dengan cara induksi, mari kita lakukan acara berikut!

Membuat Magnet dengan Cara Induksi Magnetik

Alat dan bahan:

Sebuah magnet kuat, statif, sebatang baja, sebatang besi, dan beberapa batang paku/jarum.

Prosedur kerja:

1. Letakkan sebatang baja/besi pada statif secara vertikal ibarat pada gambar di samping.

2. Letakkan beberapa paku/jarum di bawah batang baja/besi. Perhatikan apakah paku/jarum sanggup ditarik oleh batang baja/besi.

3. Letakkan magnet besar lengan berkuasa di atas batang baja/besi. Perhatikan apakah paku/jarum sanggup ditarik oleh batang baja/besi tersebut. Jauhkan magnet dan amatilah apa yang terjadi.

4. Kesimpulan apa yang sanggup kau ambil?
Berikut ini merupakan pembahasan wacana tutorial cara menciptakan magnet buatan 3 Cara Membuat Magnet Buatan Sederhana beserta Gambarnya Lengkap
Gambar: Membuat Magnet dengan Induksi

Dari Kegiatan di atas, kau sanggup mengamati bahwa batang besi dan batang baja yang didekatkan pada magnet sanggup menarik jarum.

Jika batang besi dan baja yang telah menjadi magnet dijauhkan dari magnet, maka besi akan segera kehilangan sifat magnetiknya.

Adapun batang baja tetap sanggup mempertahankan sifat magnetiknya. Hal ini menawarkan bahwa besi hanya sanggup dijadikan magnet sementara, sedangkan baja sanggup dijadikan magnet permanen.