Pengertian Serta Teladan Adonan Homogen (Larutan) Dan Adonan Heterogen

Berikut yakni pembahasan perihal adonan yang mencakup pengertian adonan homogen, pengertian larutan, pengertian adonan heterogen, pola adonan homogen, pola adonan heterogen.

Perbedaan Senyawa dan Campuran

Pernahkah kau menciptakan susu cair? Ketika menciptakan susu cair kau mencampurkan antara susu abu dengan air panas.

Setelah itu, aduk secara merata adonan susu dengan air tersebut sehingga susu abu yang berwujud padat tidak terlihat lagi. Nah, susu abu yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran.

Pada umumnya, suatu materi tidak terdiri atas satu jenis zat murni, tetapi merupakan adonan beberapa zat murni.

Misalnya, sirop merupakan adonan gula (senyawa karbon, hidrogen, dan oksigen) dan air. Akan tetapi, dapatkah kau membedakan antara senyawa dan campuran?
Suatu senyawa terbentuk sebagai hasil suatu insiden kimia atau reaksi kimia, sedangkan adonan dihasilkan dari proses perubahan yang sama sekali berbeda, yaitu insiden fisika.
Jadi, adonan sanggup didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih. Dapatkah kau menyebutkan pola adonan lainnya yang ada di sekitarmu?

Pengertian dan Contoh Senyawa Homogen dan Heterogen

Campuran dibagi menjadi dua jenis, yaitu adonan homogen dan adonan heterogen. Apakah perbedaan antara adonan homogen dan heterogen? Lakukanlah Kegiatan berikut.

Prosedur kerja:

  1. Tuangkan air ke dalam gelas pertama dan kedua dengan jumlah yang sama.
  2. Masukkan dua sendok makan gula pasir ke dalam gelas pertama.
  3. Masukkan dua sendok makan tanah ke dalam gelas kedua. Perhatikan gambar di samping.
  4. Aduk setiap gelas hingga gula pasir dan tanah bercampur dengan rata.
  5. Biarkan beberapa saat, amati dan bandingkan gelas pertama dan kedua.
Berikut yakni pembahasan perihal adonan yang mencakup pengertian adonan homogen Pengertian serta Contoh Campuran Homogen (Larutan) dan Campuran Heterogen
Gambar: Percobaan adonan homogen dan heterogen

Dari Kegiatan, kau sanggup mengamati ketika gula pasir di masukkan ke dalam gelas yang berisi air, lalu kau aduk hingga merata.

Gula pasir yang semula berwujud padat tidak terlihat lagi. Campuran menyerupai ini dinamakan campuran homogen. Campuran homogen disebut juga larutan.
Campuran homogen yakni adonan yang terdiri dari dua materi atau zat yang sanggup menyebar secara merata. pola adonan homogen: air teh. air garam.
Larutan terdiri atas pelarut (solvent) dan zat terlarut (solute). Dalam pola di atas, maka gula sebagai solute dan air sebagai solvent. Larutan sanggup berupa padatan, cairan dan gas.

Beberapa pola adonan homogen yang sering kau temui dalam kehidupan sehari-hari, yaitu cuka, sirop, dan panci stainless steel. Cuka dibentuk dari adonan asam cuka pekat dengan air.

Sirop terbuat dari adonan gula pasir, pewarna, dan air. Panci terbuat dari stainless steel atau baja tahan karat yang terbuat dari adonan besi, krom, dan nikel.

Nah, apa yang terjadi dengan tanah yang dilarutkan dalam air? Ketika tanah dimasukkan ke dalam gelas berisi air, lalu kau aduk secara merata, tanah akan terlihat larut dalam air.

Akan tetapi, sesudah kau biarkan beberapa menit, tanah akan terlihat mengendap. Campuran menyerupai ini dinamakan campuran heterogen.
Campuran heterogen yakni suatu adonan yang terdiri dari dua materi atau lebih yang mempunyai fasa yang berbeda. 
Contohnya adalah pasir dimasukkan kedalam air, adonan ini merupakan adonan heterogen alasannya terdiri dari bahan-bahan yang mempunyai fase berbeda, pasir dalam fase padatan dan air dalam fase cair.

Dapatkah kau menawarkan pola adonan heterogen lainnya? Campuran antara minyak dan air akan membentuk adonan heterogen. Mengapa demikian?

Diskusikanlah dengan teman-temanmu untuk menjelaskan alasan adonan minyak dan air dikatakan sebagai adonan heterogen.

Campuran heterogen dibedakan menjadi koloid dan suspensi. 

Suspensi tampak keruh dan tidak stabil. Suspensi sanggup dipisahkan dengan penyaringan. Contoh suspensi yakni adonan kapur dengan air.

Koloid merupakan bentuk adonan antara larutan dan suspensi, misalnya santan. Koloid umumnya keruh.