6 Manfaat Air Susu Ibu (Asi) Pribadi Bagi Bayi Dan Ibunya

Berikut ini merupakan pembahasan yang masih terkait dengan makanan dan kesehatan yaitu ihwal ASI (Air Susu Ibu), laba ASI, manfaat ASI, manfaat ASI bagi bayi, manfaat ASI eksklusif, manfaat menyusui.

Bayi mempunyai organ pencernaan yang belum sempurna, sehingga makanan terbaiknya ialah air susu ibu (ASI). ASI mengandung 1,6% protein, 3,8% lemak, 7% laktosa, dan energi 700 kalori.

Manfaat dan Keuntungan ASI bagi Bayi

Keuntungan memperlihatkan ASI antara lain sebagai berikut.

1) Mengandung vitamin dan mineral dalam komposisi yang sesuai bagi perkembangan bayi.

2) Pemberian ASI kepada bayi mendekatkan kekerabatan psikologis antara bayi dan ibu.

3) Mengurangi peluang terjangkit penyakit infeksi, alasannya ialah ASI mengandung banyak antibodi.

4) ASI sangat praktis, alasannya ialah tidak merepotkan dalam penyiapannya.

5) Mudah dicerna sehingga bayi terhindar dari gangguan pencernaan.

6) Mengandung protein dan asam lemak yang penting bagi perkembangan otak bayi.
Berikut ini merupakan pembahasan yang masih terkait dengan makanan dan kesehatan yaitu ten 6 Manfaat Air Susu Ibu (ASI) Eksklusif bagi Bayi dan Ibunya
Gambar: Manfaat ASI Eksklusif

Manfaat Menyusui bagi Ibu

Mengapa memperlihatkan asi kepada bayi sangat dianjurkan? banyak alasan untuk membenarkan hal ini. Seperti telah dikatakan keuntungannya sangat besar baik bagi bayi maupun ibunya. Inilah beberapa manfaat bila ibu menyusui bayinya.

Mencegah Perdarahan

Menyusui bayi segera sehabis lahir sanggup mendorong terjadinya kontraksi rahim dan mencegah terjadinya perdarahan. Ini sanggup membantu mempercepat proses kembalinya rahim ke posisi semula.

Mengurangi Berat Badan

Menyusui juga sanggup membantu ibu mengurangi berat badan. Sebagai isu ketika menyusui itu berarti sama dengan mengkremasi kalori sebesar 200 sampai 500 kalori perhari. Jumlah kalori yang sama kalau anda berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam.

Mengurangi Resiko Terkena Kanker Payudara dan Kanker Rahim

Menyusui sanggup mengurangi resiko terkena kanker payudara. Diperkirakan persentase pencegahannya mencapai 20%. Beberapa laporan juga menyebutkan bahwa menyusui juga sanggup membantu mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker rahim.

Ungkapan Kasih Sayang

Menyusui juga merupakan ungkapan kasih sayang yang faktual dari ibu kepada bayinya. Hubungan batin anatar ibu dan bayi akan terjalin erat alasannya ialah dikala menyusui bayi melekat pada tubuh ibu. Bayi sanggup mendengarkan detak jantung ibu, mencicipi kehangatan sentuhan kulit ibu dan dekapan ibu.

Praktis dan Ekonomis

Selain komposisinya yang sempurna, asi juga sangat mudah dan ekonomis. Sekarang harga susu formula cenderung terus meningkat, memberi asi sanggup mengurangi biaya untuk susu formula yang cukup tinggi.

Selain itu asi sangat praktis, ibu tidak perlu repot mencuci dan merebus botol pada masa pinjaman asi ekslusif, sehingga sanggup menambah waktu istirahat bagi ibu, khususnya di malam hari.

Sebagai Alat Kontrasepsi

Pemberian asi secara ekslusif sanggup berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Walaupun ini hanya berlaku selama 4 bulan sehabis melahirkan, dan dengan catatan harus bersifat ekslusif.

Hisapan bayi pada payudara ibu merangsang hormon prolaktin. Hormon prolaktin sanggup menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga menunda kesuburan. (Bidanku.com)