Cara Menghilangkan Kandungan Formalin Pada Makanan

Disadari atau tidak, dalam kehidupan keseharian kita seringkali mendapati perkara masakan ber-formalin. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan banyak sekali bagaimana cara menghilangkan imbas formalin yang terdapat pada masakan sekaligus baunya.

Menurut hasil temuan Dosen Program Studi Teknologi Pangan Universitas Kristen (UNIKA) Soegijapranata, Ita Sulistyawati STP MSc bahwa menghilangkan kadar formalin dalam produk masakan ternyata tidak terlalu sulit.
Cukup direndam dengan air biasa, direbus hingga mendidih, dan digoreng, maka kadar formalin di dalam masakan sanggup luntur.
Ita mengatakan, karakteristik formalin yaitu gampang larut dalam air hingga dengan konsentrasi 55 persen. Formalin juga sangat reaktif dalam kondisi basa.

Oleh sebab itu, formalin dalam masakan gampang larut apabila direndam dalam air biasa maupun air panas. Selain itu, titik didih formalin relatif rendah. Hal ini menciptakan kandungan formalin pada masakan akan gampang menguap ketika perebusan atau penggorengan.

Jadi, deformalinisasi itu bekerjsama tidak terlalu sulit. Secara sadar atau tidak, padagang tahu atau ibu rumah tangga sudah melaksanakan deformalinisasi itu dengan cara merendam tahu sebelum dimasak. Jarang sekali ada tahu yang dikonsumsi mentah.

Menurut penelitian Ita, formalin yang masuk ke pencernaan tidak akan kuat negatif. Formalin yang melalui proses metabolisme akan sangat cepat (sekitar 1,5 menit) terurai menjadi karbon dioksida dan air seni.
Gambar: Deformalinisasi (Sumber: Republika.co.id)
Penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan, kadar formalin gres akan menyebabkan toksifikasi atau imbas negarif kalau mencapai enam gram. Kadar formalin lebih dari enam gram berpotensi menyebabkan imbas kesehatan.

Pada tahap akut, imbas itu sanggup berupa muntah, diare darah, kejang-kejang, vertigo, dan muntah darah. Adapun pada imbas kronis sanggup menimbukan dermatitis kronis, bronkitis, serta kemungkinan kanker.

Sumber: Kompas, 7 Desember 2006 dengan pengubahan seperlunya