Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Dan Teori Magnet Elementer

Pada pembahasan berikut ini akan dijelaskan wacana bagaimana cara menghilangkan sifat kemagnetan dan didalamnya dijelaskan pula wacana pengertian magnet elementer dan teori magnet elementer.

Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan

Setelah kau memahami cara menciptakan magnet, dapatkah sifat magnetik suatu benda yang telah menjadi magnet dihilangkan?

Sifat magnetik suatu benda sanggup dihilangkan dengan cara dipukul-pukul. Selain dengan cara dipukul-pukul, sifat magnetik suatu benda sanggup juga dihilangkan dengan cara dibakar dan dengan cara dialiri listrik bolak-balik (AC). Selengkapnya Baca: 3 Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan.
Pada pembahasan berikut ini akan dijelaskan wacana bagaimana cara menghilangkan sifat kem Cara Menghilangkan Sifat Kemagnetan Dan Teori Magnet Elementer
Gambar: Cara Menghilangkan Sifat Magnet

Teori Magnet Elementer

Mengapa besi dan baja sanggup menjadi magnet dan sifat magnetik sanggup hilang kalau dipukul-pukul? 

Jika sebuah magnet batang dipotong menjadi beberapa bagian, maka bagian-bagian tersebut merupakan magnet gres dan masing-masing bab memiliki kutub utara dan kutub selatan.

Jika magnet batang tersebut dipotong-potong terus-menerus menjadi bab yang labih kecil, akan didapat bab terkecil yang disebut magnet elementer. 

Teori magnet elementer dikemukakan oleh Weber, yang pada dasarnya ialah sebagai berikut.

a. Sebuah magnet sanggup dibagi-bagi menjadi magnet yang lebih kecil dalam cacah tak terhingga. Magnet kecil ini dinamakan magnet elementer.

b. Benda/zat, terutama besi dan baja, terdiri atas magnet elementer-magnet elementer.

c. Pada benda yang bersifat magnet, susunan magnet elementernya teratur dan membentuk arah yang sama. Sedangkan pada benda yang tidak bersifat magnet, susunan magnet elementernya tidak teratur.

d. Magnet elementer pada besi gampang bergerak, sedangkan magnet elementer pada baja sukar bergerak. Karena itulah, magnet yang terbuat dari besi bersifat sementara, sedangkan magnet yang terbuat dari baja bersifat tetap.

Ketika batang baja yang telah menjadi magnet dipukul-pukul, atom-atom magnet berputar lebih berpengaruh sehingga mengganggu keteraturan magnet-magnet elementer. Hal inilah yang menyebabkan benda tersebut kehilangan sifat magnetiknya.