Pengertian Sifat Kimia Dan Macam-Macam Pola Sifat Kimia

Berikut ini yaitu pembahasan wacana pengertian sifat kimia, macam macam sifat kimia, pola sifat kimia, karakteristik sifat kimia, sifat sifat kimia.

Pengertian Sifat Kimia

Apakah yang dimaksud dengan sifat kimia?
Sifat kimia yaitu sifat materi yang sanggup diamati sesudah materi tersebut mengalami perubahan kimia. 
Contoh sifat kimia, yaitu kestabilan (mudah tidaknya zat tersebut berubah), gampang tidaknya zat terbakar, berkarat, beracun, membusuk, dan sebagainya.

Macam-macam Contoh Sifat Kimia

Sifat kimia merupakan sifat yang dihasilkan dari perubahan kimia, antara lain gampang terbakar, gampang busuk, dan korosif.

a. Praktis terbakar

Pernahkah kau menyalakan kembang api? Saat kau memperabukan kembang api maka dengan segera akan terjadi nyala warna-warni yang indah. Pada kejadian ini terjadi perubahan kimia. Pada mulanya kembang api dibentuk dari adonan antara kalium nitrat (KNO3) , sulfur dan arang kayu.

Namun kini kembang api telah dibentuk dengan warna-warni, yaitu dari strontium dan litium (warna merah), natrium (warna kuning), barium (warna hijau), dan tembaga (warna biru).

Contoh lain yang gampang terbakar yaitu fosfor. Fosfor sanggup terbakar jikalau kena udara, membentuk senyawa fosfor oksida. Oleh alasannya yaitu itu fosfor disimpan di dalam air. Fosfor dimanfaatkan untuk menciptakan korek api.

b. Praktis busuk

Jika buah dan sayur dibiarkan di udara terbuka maka usang kelamaan buah dan sayur tersebut akan membusuk. Buah dan sayur yang bau akan menyebabkan amis yang tidak sedap. Proses pembusukan ini alasannya yaitu adanya mikroorganisme.

c. Korosif

Perkaratan atau korosi merupakan kejadian rusaknya logam oleh imbas lingkungan, yaitu adanya oksigen dan kelembapan. Besi yaitu salah satu pola logam yang gampang berkarat.

Pada proses korosi terbentuk zat yang jenisnya gres yaitu karat. Gejala yang tampak pada korosi yaitu terjadi perubahan warna. Pada umumnya logam bersifat korosif kecuali emas, platina, dan air raksa.