Contoh Makalah Perihal Siwak / Bersiwak

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Artikel perihal contoh Makalah perihal Siwak / Bersiwak. Silakan disimak selengkapnya.

BERSIWAK

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan Artikel perihal  Contoh Makalah perihal Siwak / Bersiwak



A.    Latar Belakang
Islam, yakni agama yang mengatur banyak sekali aspek kehidupan insan salah satunya dalam bidang kebersihan. Dalam agama islam kita diperintahkan untuk sesalu menjaga kebersihan baik kebersihan diri sendiri maupun kebersihan di lingkungan sekitar kita. Perintah tersebut diperkuat dengan hadist  anathofatul minal i’man”yang artinya kebersihan sebagian dari iman. Dengan menjaga kebersihan sanggup menciptakan kita hidup sehat sehingga tidak gampang terjangkit penyakit selain itu sanggup menambah simpanan pahala kita. Tapi dalam pembahasan kali ini kita membahasan kebersihan dalam lingkup kecil yaitu perihal siwakan.
Siwakan yakni suatu ranting pohon tertentu yang dipakai untuk menjaga kesehatan gigi dan verbal kita biar tetap sehat dan tidak gampang terjangkit penyakit. Bersiwakjuga sudah dilakukan semenjak zaman Nabi Muhammad SAW hingga sekarang. Dan merupakan salah satu sunah yang dianjurkan. Dalam makalah ini kita akan menyingkap diam-diam besar perihal siwak yang belum kita ketahui.

B.     Rumusan Masalah
1.      Sebutkan hadist-hadist yang menunjukan perihal bersiwak ?
2.      Bagaimana analisa hadist yang menunjukan perihal siwak?
3.      Apa pengertian siwak dan kegunaanya?
4.      Bagaimana relasi sains dengan bersiwak ?

C.     Tujuan
1.      Mengetahui hadist yang menunjukan perihal bersiwak.
2.      Mengetahui analisa hadist perihal siwak.
3.      Mengetahuai pengertian dari siwakan dan kegunaannya.
4.      Mengetahui bagaimana relasi sains dengan siwakan.

D.    Redaksi Hadist
Hadist pertama:
عن أبي بردة عن أبيه قال : أتيت النّبيّ صلي الله عليه وسلم فوجد ته يستنّ بسواك بيده يقول أع أع والسواك في فيه كأنّه يتهوّع.
Diriwayatkan dari Abu Burdah, dari bapaknya, ia berkata, “Aku mendatangi Nabi dan saya dapati dia menggosok gigi dengan siwak yang ada di tangannya. Beliau mengeluarkan suara, ‘u’....u’....sementara siwak berada di mulutnya, seperti dia hendak muntah.”
Hadist kedua:
عن حذيفه قال: كان النّبيّ صلي الله عليه وسلم إذا قام من اللّيل يشوص فاه بالسّواك.
Diriwayatkan dari Hudzaifah, ia berkata, “biasanya Nabi apabila berdiri di waktu malam dia menggosok mulutnya dengan siwak”.        [1]

E.     Analisis Hadist
Hadist pertama:
عن أبي بردة (Dari Abu Burdah), dia yakni putra Abu Musa Al Asy’ri. كأنّه يتهوّع (Seakan-akan dia hendak muntah), yakni dia mengaluarkan bunyi sebagaimana bunyi seorang yang muntah. Dari sini sanggup diambil faidah disyaratkannya bersiwak (menggosok) pengecap dengan memanjang. Adapun gigi digosok dengan melintang. Sehubungan dengan itu disebutkan sebuah hadist mursal (tanpa menyebut perawi dari Nabi) dalam kitab Abu Dawud. Hadist ini mempunyai penguat yang diriwayatkan dengan silsilah periwayatan yang bersambung hingga Nabi, ibarat dikutip oleh Al Uqaili dalam kitab Adh-Dhu’afa.
Dalam hadist ini terdapat keterangan akan pentingnya siwakan, dan hal itu tidak khususkan gigi saja. Adapun fungsi siwak yakni untuk kebersihan bukan untuk menghilangkan kotoran, alasannya yakni dia tidak menutup diri dikala melakukannya.


[1]Ibnu Hajar Al Asqolani, Fathul Baari Syarah Shahih Al Bukhari, jakarta: pustaka azzam, 2002. Hal: 375