Perbedaan Pengertian Jarak Dan Perpindahan Beserta Contohnya

Berikut ialah pembahasan ihwal jarak dan perpindahan yang mencakup pengertian jarak, pengertian perpindahan, perbedaan jarak dan perpindahan, rujukan jarak, rujukan perpindahan.

Berapakah jarak yang kau tempuh saat berangkat sekolah? Berapa kecepatan kendaraan beroda empat itu? Gerak dan kecepatan ialah besaran-besaran fisika. Dapatkah kau menyebutkan besaran-besaran lain yang ada di dalam gerak?

Perbedaan Jarak dan Perpindahan

Perhatikan Gambar di bawah ini!
Berikut ialah pembahasan ihwal jarak dan perpindahan yang mencakup pengertian jarak Perbedaan Pengertian Jarak dan Perpindahan beserta Contohnya
Gambar: Perpindahan dari rumah ke pasar, kemudian kembali lagi ke rumah.

Jika seseorang pergi dari rumah ke pasar, kemudian kembali lagi ke rumah. Tahukah kau berapakah jarak dan perpindahannya?

Besarnya jarak yang ditempuh merupakan jarak dari rumah ke pasar ditambahkan dengan jarak dari pasar ke rumah. Jadi, jarak yang ditempuh ialah 200 m + 200 m = 400 m.

Adapun untuk memilih besarnya perpindahan, kau perlu memerhatikan arah perpindahannya. Perpindahan yang ditempuh ialah 200 m ke arah pasar (+200 m) dan 200 m ke arah rumah yang letaknya berlawanan dengan arah ke pasar (–200 m). Jadi, perpindahan yang telah ditempuh ialah 200 m + (–200 m) = 0 m. 

Hal ini berarti meskipun orang tersebut bergerak, tetapi perpindahan yang dilakukan ialah nol sebab kedudukan awal dan jadinya sama.

Dari pembahasan di atas, sanggup kita nyatakan perbedaan pengertian jarak dan perpindahan sebagai berikut.
Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda tanpa memerhatikan arah, sedangkan perpindahan adalah panjang lintasan yang ditempuh benda dengan memerhatikan arahnya.