Macam-Macam Pola Perubahan Wujud Zat (Benda) Menyublim, Membeku, Mencair, Menguap Dan Mengembun

Berikut ini yakni pembahasan ihwal perubahan wujud zat, pengertian mengembun, pengertian menguap, pengertian membeku, pengertian perubahan wujud zat, pengertian menyublim, pengertian mencair, pola menguap, pola mengembun, macam macam perubahan wujud zat, pola perubahan wujud zat, perubahan wujud benda, macam macam perubahan wujud benda, pola perubahan wujud benda, pola membeku, pola menyublim, pola mencair.

Macam-macam Perubahan Wujud Zat dan Contohnya

Pernahkah kau melihat embun? Embun yang kau lihat pada daun terjadi alasannya yakni uap air dari udara.
Peristiwa ini disebut mengembun, yaitu perubahan wujud dari zat gas menjadi zat cair. 
Saat Matahari mulai bersinar, embun menguap kembali. Tahukah kau pola perubahan wujud zat yang lainnya?

Seperti yang telah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya, bahwa wujud zat dibedakan atas zat padat, cair dan gas. Ketika kau memasak air, pernahkah kau mengamati apa yang terjadi dikala air dipanaskan?

Air yang dipanaskan lama-kelamaan akan mendidih. Ketika air mencapai suhu 100 °C pada tekanan 1 atm, air akan menjelma uap. Peristiwa perubahan wujud dari air (zat cair) menjadi uap (zat gas) dinamakan menguap.
Perubahan wujud air menjadi uap yang disebut menguap dan perubahan wujud dari uap menjadi air yang disebut mengembun.
Pernahkah kau menyimpan kapur barus di lemari pakaianmu? Apa yang terjadi dengan kapur barus yang telah disimpan cukup lama?

Kapur barus yang disimpan di udara terbuka lama-kelamaan akan habis. Tahukah kau kejadian perubahan wujud apa yang terjadi pada kapur barus?
Berikut ini yakni pembahasan ihwal perubahan wujud zat Macam-macam Contoh Perubahan Wujud Zat (Benda) Menyublim, Membeku, Mencair, Menguap dan Mengembun
Diagram: Perubahan Wujud Zat (Benda)

Kapur barus yang dipanaskan, akan menjelma gas. Hal ini sanggup kau rasakan dari kedaluwarsa gas yang tercium sebagai hasil pemanasan kapur barus.
Peristiwa perubahan wujud dari kapur barus (zat padat) menjadi uap (zat gas) dinamakan menyublim
Peristiwa yang terjadi pada uap kapur barus (zat gas) menjadi serbuk-serbuk putih mengkilap (zat padat) yang melekat pada kertas putih dinamakan mengkristal.
Pernahkah kau menciptakan es batu? Air dalam plastik dikala kau masukkan ke dalam lemari es (freezer) akan menjelma es.
Peristiwa perubahan wujud dari air (zat cair) menjadi es (zat padat) dinamakan membeku
Nah, dikala kau ambil es batu, lalu dibiarkan di daerah terbuka, es kerikil tersebut lama-kelamaan akan berubah wujud menjadi air kembali.
Peristiwa perubahan wujud dari es kerikil (zat padat) menjadi air (zat cair) dinamakan mencair atau melebur.