Download 2 Rujukan Makalah Microsoft Excel

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Selamat tiba di blog . Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan 2 Contoh Makalah wacana Microsoft Excel yang sanggup anda download di tamat artikel.

 Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan  Download 2 Contoh Makalah Microsoft Excel
Cuplikan Makalah Microsoft Excel (1)

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Microsoft Excel merupakan aktivitas aplikasi spreadsheet ( lembar kerja elektronik ) canggih yang paling popular dan paling banyak digunakan ketika ini. Excel akan sangat membantu kita dalam hal menghitung. Memproyeksikan, menganalisa, dan bisa mempresentasikan data dalam bentuk table dengn banyak sekali jenis tabel  yang disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line, dan banyak lagi. Excel 2000 merupakan pengembangan dari excel dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan fungsinya dan dikonsetrasikn semoga spreadsheet ini lebih familiar (mudah dipakai), lebih fleksibel, lebih gampang diintegrasikan dengan aktivitas office lainnya dan yang tak kalah penting  adalah kemampuan untuk pribadi berafiliasi dengan internet. Walaupun demikian, excel 2000 ini akan selalu dikembangkan oleh pihak Microsoft sehingga karenanya kita betul-betul dimanja oleh software microsoft ini.
Dalam makalah ini kami menjelaskan mengenai cara memakai Microsoft Excel Khususnya dalam dunia pendidikan. Karena fungsi MS. Excel sangat berperan penting dalam dunia pendidikan contohnya dlam mengentri data-data nilai siswa, merangking hasil berguru siswa, pembayaran SPP Siswa, presentasi siswa, dan lain-lain. Dengan alasan trsebut, maka Penulis menyusun makalah ini sebagai penunjang dalam pembelajaran MS. Excel.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas maka rumusan masalahnya yaitu sebagai berikut :
1.      Apa pengertian hidangan dan ikon ?
2.      Apa fungsi hidangan dan ikon pada MS. Excel ?
3.      Bagaimana cara menyimpan, membuka dan mengelola file buku kerja ?
4.      Bagaimana cara mengatur kolom dan baris ?



C.    Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalh diatas maka maka tujuan penulisan malah ini yaitu sebagai berikut :
1.      Mendeskripsikan pengertian hidangan dan ikon.
2.      Mendeskripsikan fungsi dan ikon pada MS. Excel.
3.      Menjelaskan cara menyimpan, membuka dan mengelola file buku kerja.
4.      Menjelaskan cara mengatur kolom dan baris.

D.    Manfaat Penulisan
1.      Manfaat Bagi Penulis
Manfaat bagi penulis sanggup berbagi teori yang dipelajari wacana komponen-komponen yang terdapat pada Microsoft Exel.
2.      Manfaat Bagi Pembaca
Manfaat bagi pembaca sanggup mengetahui lebih jauh wacana komponen-komponen yang terdapat pada Microsoft Exel.





BAB II
 PEMBAHASAN
A.    Pengertian Menu dan Icon
Menu merupakan kumpulan perintah yang sudah dikelompokan menjadi satu menurut fungsinya masing-masing.
Icon merupakan perintah berbentuk gambar yang dijalankan atau diaktifkan dengan cara klik dua kali memakai mouse pada gambar tersebut.

B.     Fungsi Menu dan Icon

Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk melaksanakan pengeditan terhadap dokumen yang sedang Anda kerjakan. Untuk sanggup mengakses halaman ribbon Home, Anda sanggup melaksanakan dengan mengklik tab Home. Anda juga sanggup memakai keyboard dengan menekan tombol Alt + H. Langkah ini akan menampilkan kotak-kotak kecil bertuliskan abjad terusan cepat bagi setiap perintah pada tab Home. Tekan tombol Alt kembali untuk menonaktifkan abjad akses.

1.      Fungsi Menu dan Ikon Tab Home.
Menu Tab Home
Kelompok Clipboard
Paste
Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard
Cut
Memindahkan kepingan yang ditandai ke clipboard
Copy
Menyalin ke clipboard
Format Painter
Melakukan copy format
Kelompok Font
Font Selection
Mengganti jenis huruf
Font Size
Mengatur ukuran huruf
Increase/Decrease Font
Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat
Bold, Italic, Underline
Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks
Border
Membuat garis bingkai sel
Fill
Mewarnai sel
Color
Mewarnai huruf

Makalah selengkapnya Download  dibawah... :)


Cuplikan Makalah Microsoft Excel (2)



BAB I
PENDAHULUAN

A.   latar belakang
Dengan pesatnya kemajuan teknologi pada ketika ini, mengakibatkan kebutuhan insan semakin bertambah.Dewasa ini terdapat keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan insan menjadi lebih gampang untuk dipenuhi.Jadi secara pribadi maupun secara tidak pribadi manfaat dari berkembangnya teknologi yaitu membantu insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.Seperti aktivitas aplikasi Microsoft Office, aktivitas ini sangat membantu mereka para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak lagi.Salah satu kepingan dari Microsoft Office yaitu Microsoft Office Excel atau disebut juga Lembar Sebar.Program aplikasi pengolah angka ini memudahkan kita untuk melaksanakan perhitungan serta mengolah databerupa angka yang ada dalam tabel.Dalam Microsot Office Excel banyak sekali fungsi-fungsi tertentu yang masing-masingnya berguna tersendiri.

B.  Tujuan
Setelah mempelajari makalah ini, pembaca diperlukan untuk sanggup :
1.Memahami cara memulai, menjalankan, dan mengakhiri perangkat lunak Microsoft Office Excel.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu lembar sebar
3. Mengoperasikan menu-menu editing lembar sebar.
4. Menggunakan rumus dan fungsi pada lembar sebar
5. Mengoperasikan perintah cetak pada lembar sebar
6. Mampu menggunakan/mengaplikasikan penggunaan Microsotf Office Excel dalam kehidupan sehari-hari.
E.  Manfaat
Setelah mempelajari modul ini, akseptor didik diperlukan untuk dapat
1.Memahami cara mengoperasikan lembar sebar
2.Menghindari kesalahan editing dalam pengoperasian lembar sebar;
3.Mengoperasikan fungsi menu-menu yang ada pada lembar sebar;
4.Menggunakan rumus dan fungsi mencetak hasil pengolahan lembar sebar.




BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengenalan Microsoft Excel
Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel yaitu sebuah aktivitas aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibentuk dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini mempunyai fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang baik, dengan memakai taktik marketing Microsoft yang agresif, mengakibatkan Microsoft Excel sebagai salah satu aktivitas komputer yang terkenal digunakan di dalam komputer mikro hingga ketika ini. Bahkan, ketika ini aktivitas ini merupakan aktivitas spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak, baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, sejak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993. Aplikasi ini merupakan kepingan dari Microsoft Office System, dan versi terakhir yaitu versi Microsoft Office Excel 2007 yang diintegrasikan di dalam paket Microsoft Office System 2007 .
Microsoft Excel merupakan perangkat lunak untuk mengolah data secara otomatis mencakup perhitungan dasar,  penggunaan fungsi-fungsi, pembuatan grafik dan administrasi data. Perangkat lunak  ini  sangat membantu untuk  menyelesaikan permasalahan  administratif mulai  yang  paling  sedernaha  sampai  yang  lebih kompleks. Permasalahan sederhana tersebut contohnya menciptakan rencana kebutuhan barang mencakup nama barang, jumlah barang dan asumsi harga barang. Permasalahan ini bahwasanya sanggup juga diselesaikan memakai Microsoft Word sebab hanya sedikit memerlukan proses perhitungan, tetapi lebih gampang diselesaikan dengan Microsoft Excel. Contoh  permasalahan yang lebih kompleks yaitu pembuatan laporan keuangan (general ledger) yang memerlukan banyak perhitungan, administrasi  data dengan  menampilkan grafik data pivot tabel atau penggunaan fungsi-fungsi matematis ataupun kecerdikan pada sebuah laporan. Penyelesaian permasalahan yang komplek juga sanggup memanfaatkan pemograman macro yang disediakan oleh Excel semoga proses penggunaan lebih mudah.

B. Kelebihandan Kekurangan Microsoft Excel Excel 2007
hadir dengan aksesori banyak sekali akomodasi sehingga lebih tepat dibandingkan dengan versi sebelumnya. Fitur gres tersebut antara lain yaitu desain jendela (interface) Excel, jumlah baris dan kolom lebih banyak, format file baru, penulisan formula lebih mudah.Office Themes dan Excel Styles, pengurutan dan penyaringan data didesain lebih canggih, tampilan grafik yang lebih variatif, PivotTable lebih gampang digunakan dan sebagainya. Perhatikan sebagian ilustrasi berikut ini,
1. Jumlah kolom yang tersedia di Excel 2007 yaitu 16.384 yang dimulai dari kolom A hingga berakhir di kolom XFD, versi sebelumnya hanya 256 kolom.  Serta baris dalam Excel 2007 sebanyak 1.048.576 yang dimulai dari baris 1 dan berakhir di baris 1.048.576, versi sebelumnya 65.536.
2. Pada Excel 2003, jumlah sel sekitar 16 juta, tapi pada Excel 2007, jumlah sel mencapai 17 miliar.
3. Memori yang digunakan di dalam komputer, ketika ini sanggup hingga batas maksimal yang berlaku di Microsoft Windows, sebelumnya hanya 1 megabyte.
4. Jumlah warna unik dalam sebuah workbook sanggup mencapai 4.3 milyar, sebelumnya hanya 56.
5. Jumlah kondisi pada akomodasi format kondisional, Excel versi terbaru ini hanya dibatasi oleh kapasitas memori, sebelumnya hanya ada 3 kondisi.