Pengertian Evaporasi (Penguapan) Dan Misalnya Serta Cara Mempercepat Proses Penguapan

Berikut yakni pembahasan perihal proses evaporasi yang mencakup cara mempercepat proses penguapan, cara mempercepat penguapan, pengertian penguapan, tumpuan penguapan, pengertian evaporasi, tumpuan evaporasi.

Pengertian Evaporasi (Penguapan)

Ketika kau akibat berenang di siang hari yang panas, kemudian beristirahat di tepi kolam dan tidak segera mengeringkan tubuhmu dengan handuk, lamakelamaan tubuhmu akan merasa kedinginan.

Nah, tahukah kau mengapa tubuhmu merasa kedinginan, meskipun ketika itu cuaca sangat panas? Kamu merasa kedinginan sebab kalor yang ada dalam tubuhmu berpindah ke tetes-tetes air yang suhunya lebih rendah dari suhu tubuhmu hingga tetes air tersebut menguap dan membawa kalor dari tubuhmu. Peristiwa tersebut menimbulkan kau telah kehilangan energi kalor sehingga tubuhmu mencicipi kedinginan.
Penguapan atau evaporasi adalah proses perubahan molekul di dalam keadaan cair (contohnya air) dengan impulsif menjadi gas (contohnya uap air). Proses ini yakni kebalikan dari kondensasi.
Alkohol gampang menguap. Ketika alkohol diteteskan ke permukaan kulit, maka untuk penguapan diharapkan kalor yang diambil dari kulit sehingga kulit merasa cuek sebab melepas kalor.

Dari kejadian tersebut jelaslah bahwa zat memerlukan kalor untuk menguap. Nah, tahukah kau hal-hal apa saja yang sanggup dilakukan untuk mempercepat proses penguapan?

Cara Mempercepat Proses Penguapan

Untuk mempercepat proses penguapan sanggup dilakukan cara-cara menyerupai berikut.

a) Memperluas Permukaan

Pernahkah kau mengamati ibumu ketika menjemur pakaian? Apa yang dilakukan ibumu biar pakaian yang dijemur cepat kering? Untuk mempercepat proses penguapan biar pakaian yang dijemur cepat kering, ibumu biasanya membentangkan atau melebarkan letak pakaian.

Dengan memperluas permukaan pakaian yang dijemur, berarti kau telah memperbanyak molekul-molekul air akrab dengan permukaan udara yang memungkinkan air meninggalkan molekul lainnya untuk berubah wujud menjadi molekul-molekul gas.

b) Mengurangi Tekanan pada Permukaan

Untuk mempercepat proses penguapan sanggup juga dilakukan dengan mengurangi tekanan pada permukaan. Jika tekanan pada permukaan zat cair diperkecil, partikel-partikel udara yang ada di atas permukaan zat cair menjadi lebih renggang.

Hal ini menyebabkan, partikel-partikel zat cair yang ada di permukaan sanggup lebih cepat melepaskan diri dari molekul-molekul lainnya sebab tidak ada molekul udara yang menghalanginya dan molekul zat cair tersebut sanggup dengan gampang mengisi ruang kosong di antara molekul-molekul udara tersebut.

c) Memanaskan atau Menaikkan Suhu Zat

Jika air dalam ember dipanaskan maka air akan lebih gampang menguap daripada air dalam ember yang tidak dipanaskan. Hal ini terjadi sebab molekulmolekul yang lebih akrab dengan permukaan bergetar lebih cepat sehingga bisa melepaskan diri dari permukaan zat cair, yang disebut dengan menguap.

d) Meniupkan Udara di Atas Permukaan

Ketika kau membeli bakso yang masih panas, apa yang seharusnya kau lakukan biar bakso yang masih panas cepat dingin?

Bakso yang masih panas perlu kau tiupkan udara di atas permukaan bakso biar cepat dingin. Udara yang bertiup di atas permukaannya sanggup membawa molekul-molekul air di akrab permukaan meninggalkan air panas pada bakso.

Contoh lainnya, yaitu ketika kau meneteskan alkohol di atas permukaan kulitmu, kemudian kau meniupnya maka alkohol tersebut perlahan-lahan mulai menguap dan habis. Peristiwa pengembunan sanggup kau amati ketika kau memasak air di ceret dan uap airnya mengenai tutup ceret.