Pengertian Kuman Dan Macam-Macam Jenis Bentuk Kuman Beserta Contohnya

Berikut ini yakni pembahasan perihal kuman yang mencakup pengertian bakteri, teladan bakteri, macam macam bakteri, bentuk bentuk bakteri, jenis jenis bakteri, ciri ciri bakteri, struktur bakteri, peranan bakteri.

Pengertian Bakteri

Apakah yang dimaksud dengan bakteri?
Bakteri (dari kata Latin bacterium; jamak: bacteria) yakni kelompok organisme yang tidak mempunyai membran inti sel. Organisme ini termasuk ke dalam domain prokariota dan berukuran sangat kecil (mikroskopik), serta mempunyai tugas besar dalam kehidupan di bumi.
Bakteri berukuran mikroskopis sehingga kau hanya sanggup mengamatinya dengan mikroskop. Selnya bersifat prokariotik (inti sel tidak diselubungi oleh membran inti, sehingga hanya disebut kawasan inti).

Bakteri sanggup hidup hampir di semua lingkungan. Perkembangbiakannya dengan membelah diri. Pada kondisi yang ideal setiap sel kuman akan membelah menjadi dua setiap 20 menit.

Macam-macam Bentuk Bakteri

Bentuk kuman bermacam-macam, ada yang berbentuk batang (basil), berbentuk lingkaran (kokus), dan ada yang berbentuk lengkung atau menyerupai spiral (spirilum).

Bakteri yang berbentuk basil dan kokus biasanya mempunyai flagella (rambut cambuk) yang dipakai sebagai alat gerak. Bakteri ada yang sanggup hidup tanpa memakai oksigen yang disebut bakteri anaerob, contohnya Clostridium tetani penyebab penyakit tetanus.

Bakteri yang lain hanya sanggup hidup dengan memakai oksigen bebas yang disebut bakteri aerob, contohnya Mycobacterium tuberculosis penyebab penyakit TBC.

Macam-macam Contoh Bakteri

Beberapa teladan kuman yakni sebagai berikut.
  1. Salmonella typosa, penyebab penyakit tipus.
  2. Mycobacterium tuberculosis, penyebab TBC.
  3. Escherichia coli, hidup di usus besar insan yang membantu membusukkan sisa makanan.
  4. Rhizobium radicicola, hidup bersimbiosis dengan flora kacang-kacangan yang membantu menambat nitrogen dari udara dengan membentuk bintil-bintil akar.
  5. Bacillus antrachis, penyebab penyakit antraks pada ternak.