Pengertian Unsur Dan Macam-Macam Jenis Unsur (Logam, Non Logam, Semi Logam) Beserta Misalnya

Berikut ialah pembahasan ihwal unsur yang mencakup pengertian unsur, macam macam unsur, jenis jenis unsur, unsur logam, unsur non logam, unsur semi logam, pola unsur logam, pola unsur non logam, pola unsur semi logam, pola unsur.

Semua benda yang ada di dunia ini, menyerupai batu, tanah, tumbuhan, hewan, dan alat-alat rumah tangga yang ada di sekitarmu merupakan materi. Tahukah kamu, apakah materi itu?

Materi ialah segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang. Istilah materi sering disamakan dengan istilah benda dan zat. Sebenarnya, baik benda, materi, dan zat sanggup didefinisikan sebagai segala sesuatu yang mempunyai massa dan menempati ruang.

Bagaimanakah cara mengenali materi? Tidak sulit bagi kau untuk mengenali banyak sekali wujud materi tertentu. Kamu sanggup melihat dan meraba zat padat, menyerupai kayu, besi, tanah, dan batuan atau kau juga sanggup melihat dan meraba zat cair, menyerupai air, minyak tanah, dan susu.

Lalu bagaimanakah caramu mengenali zat gas? Tidaklah gampang untuk mengenali zat gas sebagai materi alasannya ialah kebanyakan gas tidak sanggup kau lihat.

Akan tetapi, saat kau meniup tanganmu, maka akan terasa hembusan udara yang keluar dari paru-paru. Kamu juga sanggup mengenali bahwa gas mempunyai massa dengan membandingkan balon yang berisi udara dengan yang tidak berisi udara.

Balon yang penuh berisi udara mempunyai massa yang lebih besar dibandingkan kalau balon itu tidak berisi udara. Dari uraian tersebut jelaslah bahwa materi menempati ruang dan mempunyai massa.

Akan tetapi, apakah sesungguhnya materi itu? Kamu mengenal sejumlah besar materi yang berbeda-beda dan banyak sekali jenis materi yang berbeda-beda.

Menurutmu apakah ada suatu kesamaan di antara bahan, menyerupai beton, besi, susu, lampu, mentega, darah, bulu kucing, dan gigi orang?

Permasalahan di atas akan semakin rumit kalau kita mempertimbangkan bahwa banyak materi yang kelihatannya murni tetapi sesungguhnya tidak semurni yang kau bayangkan.

Suatu lempeng beton terlihat dari jauh menyerupai suatu materi seragam yang berwarna abu-abu. Jika kau teliti lebih cermat, kau akan mendapati bahwa beton tersebut terdiri atas beberapa jenis materi, yaitu butiran kerikil atau kerikil gerus yang terlekat pada semen.

Seember air maritim menyerupai suatu materi sederhana yang seragam. Akan tetapi, apabila airnya menguap, tertinggallah banyak sekali garam termasuk di antaranya garam dapur biasa atau natrium klorida (NaCl).

Jika kau alirkan arus listrik melalui cairan natrium klorida (NaCl), materi itu akan terurai menjadi logam yang disebut dengan natrium dan gas yang disebut dengan klorin.

Materi di sekitar kita ada yang berupa zat tunggal, ada pula yang berupa campuran. Zat tunggal terdiri atas unsur dan senyawa. Apakah yang dimaksud dengan unsur dan senyawa itu?

Pengertian Unsur

Perhatikan beberapa macam benda, menyerupai sekrup, cincin, panci, pensil, dan lampu pijar. Nah, tahukah kau terbuat dari apa benda-benda tersebut?

Sekrup terbuat dari besi. Cincin terbuat dari emas. Kawat pada lampu pijar terbuat dari tungsten (wolfram). Panci terbuat dari aluminium. Isi pensil terbuat dari karbon.

Nah, besi, emas, tungsten, aluminium, dan karbon merupakan beberapa pola unsur. Setelah mempelajari uraian di atas, dapatkah kau menyimpulkan apakah sebetulnya yang dinamakan unsur itu?
Unsur adalah zat tunggal yang tidak sanggup diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana melalui reaksi kimia sederhana.
Ada berapa unsur yang sudah kau ketahui? Berikut ini beberapa unsur yang umum dikenali.
Berikut ialah pembahasan ihwal unsur yang mencakup pengertian unsur Pengertian Unsur dan Macam-macam Jenis Unsur (Logam, Non Logam, Semi Logam) beserta Contohnya
Tabel: Unsur-unsur yang umum dikenali

Pada kondisi normal, banyak di antara unsur ini berupa benda padat, menyerupai tembaga, emas, besi, dan timbal. Merkuri atau yang lebih dikenal dengan nama air raksa dan brom merupakan pola unsur yang berwujud cair.

Oksigen dan nitrogen ialah pola unsur yang berupa gas. Nah, dapatkah kau menyebutkan wujud dari unsur-unsur kimia lainnya?

Tahukah kau bahwa sebetulnya bumi yang kita pijak ini terdiri dari banyak sekali macam unsur? Berikut ini delapan jenis unsur yang membentuk hampir 99% bab kerak bumi.
Berikut ialah pembahasan ihwal unsur yang mencakup pengertian unsur Pengertian Unsur dan Macam-macam Jenis Unsur (Logam, Non Logam, Semi Logam) beserta Contohnya
Tabel: Unsur-unsur yang membentuk Kulit Bumi

Unsur-unsur apakah yang terdapat dalam air maritim dan udara? Lautan terdiri atas air dan banyak sekali garam. Air tersusun atas unsur hidrogen dan oksigen.

Udara hampir sepenuhnya merupakan adonan oksigen dan nitrogen ditambah dengan sejumlah kecil beberapa unsur lain. Tubuh insan juga tersusun oleh banyak sekali unsur. Sebagian besar badan insan terdiri dari air (hidrogen dan oksigen).

Macam-macam Jenis Unsur

Unsur-unsur yang sudah dikenal ada yang berupa logam, bukan logam (nonlogam), dan semilogam.

1. Unsur Logam

Logam adalah unsu yang mempunyai sifat mengkilap dan umumnya merupakan penghantar listrik dan penghantar panas yang baik.

Unsur-unsur logam umumnya berwujud padat pada suhu dan tekanan normal, kecuali raksa yang berwujud cair. Pada umumnya unsur logam sanggup ditempa sehingga sanggup dibuat menjadi bendabenda lainnya.

Nah, dapatkah kau menyebutkan unsur-unsur yang termasuk logam? Beberapa unsur logam di antaranya besi, emas, perak, platina, dan tembaga. Contoh unsur-unsur logam ditunjukkan pada Tabel di bawah ini.
Berikut ialah pembahasan ihwal unsur yang mencakup pengertian unsur Pengertian Unsur dan Macam-macam Jenis Unsur (Logam, Non Logam, Semi Logam) beserta Contohnya
Tabel: Macam-macam Contoh Unsur Logam

2. Unsur Non Logam

Adapun unsur nonlogam ialah unsur yang tidak mempunyai sifat menyerupai logam. Pada umumnya, unsur-unsur nonlogam berwujud gas dan padat pada suhu dan tekanan normal.

Dapatkah kau menyebutkan pola unsur nonlogam yang berwujud gas dan padat? Contoh unsur nonlogam yang berwujud gas ialah oksigen, nitrogen, dan helium.

Contoh unsur nonlogam yang berwujud padat ialah belerang, karbon, fosfor, dan iodin. Zat padat nonlogam biasanya keras dan getas. Unsur nonlogam yang berwujud cair ialah bromin. Perhatikan pola unsur nonlogam pada Tabel berikut.
Berikut ialah pembahasan ihwal unsur yang mencakup pengertian unsur Pengertian Unsur dan Macam-macam Jenis Unsur (Logam, Non Logam, Semi Logam) beserta Contohnya
Tabel: Macam-macam Contoh Unsur Non Logam

3. Unsur Semi Logam

Selain unsur logam dan nonlogam ada juga unsur semilogam atau yang dikenal dengan nama metaloid. Metaloid ialah unsur yang mempunyai sifat logam dan nonlogam. Contoh unsur-unsur jenis ini sanggup kau lihat pada Tabel berikut ini.
Berikut ialah pembahasan ihwal unsur yang mencakup pengertian unsur Pengertian Unsur dan Macam-macam Jenis Unsur (Logam, Non Logam, Semi Logam) beserta Contohnya
Tabel: Macam-macam Contoh unsur semi logam

Unsur semilogam ini biasanya bersifat semikonduktor. Apakah yang dimaksud semikonduktor? Bahan yang bersifat semikonduktor tidak sanggup menghantarkan listrik dengan baik pada suhu yang rendah, tetapi sifat hantaran listriknya menjadi lebih baik saat suhunya lebih tinggi.

Pada umumnya, unsur-unsur yang terdapat di alam bukan berupa unsur bebas, melainkan bergabung dengan unsur-unsur lain atau unsur-unsur sejenis membentuk senyawa berupa bijih atau mineral.

Dapatkah kau menyebutkan pola unsur lainnya yang ada di sekitarmu? Ayo, diskusikan dengan teman-temanmu untuk menemukan jawabannya.