Macam-Macam Materi Kimia Dalam Rumah Tangga

Berikut ini yaitu pembahasan wacana Bahan Kimia Rumah Tangga, materi kimia dalam kehidupan sehari-hari, materi pembersih rumah tangga, materi kimia pembersih rumah tangga, materi kimia pewangi, zat kimia dalam rumah tangga, materi kimia pewangi pakaian, materi kimia dalam produk rumah tangga.

Pernahkah kau mendengar kata materi kimia? Tahukah kau apakah sesungguhnya materi kimia itu? Bahan kimia merupakan sesuatu yang tak pernah lepas dari kehidupan sehari-hari.

Mulai dari kau bangkit tidur, kemudian pergi ke kamar mandi, menggosok gigi, sarapan pagi, dan acara sehari-hari baik di rumah maupun sekolah, sesungguhnya kau telah berinteraksi dengan bahan-bahan kimia.

Bahan kimia dalam kehidupan dibedakan atas materi kimia rumah tangga, industri, pertanian, kesehatan, dan materi makanan. Selain itu juga terdapat materi kimia sebagai zat adiktif dan psikotropika.

Bahan Kimia Rumah Tangga

Pada waktu mandi, kau memakai sabun yang mengandung materi kimia pembersih. Ketika baju seragammu kotor, kau memakai materi kimia untuk memutihkannya.

Begitu juga parfum yang kau gunakan untuk mengharumkan badanmu juga mengandung materi kimia. Pada malam hari saat mau tidur, kau memakai obat nyamuk untuk mengusir nyamuk. Obat nyamuk juga memakai materi kimia.

Pengelompokan Bahan Kimia Rumah Tangga

Bahan kimia rumah tangga sanggup kita kelompokkan menjadi empat kelompok yaitu pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga. Bahan apa saja yang tergolong pembersih, pemutih, pewangi, dan pembasmi serangga?

a. Pembersih

Pembersih berfungsi untuk membersihkan aneka macam benda di rumah tangga dari kotoran. Ada beberapa jenis materi kimia yang sanggup digunakan sebagai pembersih.

Misalnya, pembersih badan, pembersih rambut, pembersih motor dan mobil, pembersih piring, pembersih baju, serta pembersih lantai. Pembersih dikenal secara umum dengan detergen.

Fungsi detergen yaitu membantu melarutkan lemak atau minyak. Perlu kau ketahui bahwa air dan minyak/lemak tidak sanggup tercampur sehingga memerlukan suatu zat yang membantu melarutkan minyak dan lemak dalam air yaitu detergen.

Sabun yang kau gunakan untuk mandi mempunyai daya pembersih yang tidak sekuat detergen untuk mencuci piring.
Gambar: Macam-macam Contoh Pembersih

Bagaimana cara memakai produk-produk pembersih tersebut? Diskusikanlah dengan teman-temanmu cara memakai produk pembersih. Kemudian, ceritakan di depan kelas.

b. Pemutih

Produk pemutih berfungsi untuk memutihkan pakaian putih yang terkena noda yang susah dibersihkan dengan pembersih biasa.

Selain untuk memutihkan pakaian, ada pula produk pemutih yang berfungsi untuk memutihkan wajah atau tubuh. Nah, produk-produk apa saja yang merupakan produk pemutih?

c. Pewangi

Produk pewangi digunakan untuk mengharumkan ruangan atau tubuh. Produk pewangi ada yang berbentuk cair, ibarat pengharum tubuh, ruangan, dan pakaian.

Produk pewangi cair ini digunakan dengan cara menyemprotkannya ke bagian-bagian tubuh dan ruangan atau merendam pakaian dalam cairan pewangi. Selain yang berbentuk cair, ada juga yang berbentuk padat, ibarat kapur barus.
Gambar: Macam-macam Contoh Pewangi

Cara memakai produk pewangi yang berwujud padat, yaitu dengan menyimpannya di ruangan terbuka. Aroma yang digunakan dalam pewangi biasanya aroma bunga atau buah.

d. Pembasmi Serangga

Produk pembasmi serangga atau insektisida digunakan untuk membunuh serangga yang merusak atau mengganggu manusia, ibarat nyamuk, lalat, dan kecoa. Sebagian besar produk pembasmi serangga yang beredar di pasaran yaitu untuk membasmi nyamuk.

Produk ini biasa dikenal dengan sebutan ‘obat nyamuk’. Tahukah kau produk-produk yang sanggup digunakan untuk membasmi nyamuk atau serangga?
Gambar: Macam-macam Contoh Pembasmi Serangga

Produk pembasmi serangga ini ada yang berbentuk padat dan cair. Produk pembasmi serangga cair digunakan dengan cara menyemprotkannya ke seluruh ruangan yang banyak terdapat serangga.

Ada juga produk pembasmi nyamuk berbentuk cair yang digunakan dengan cara dioleskan ke bagian-bagian tubuh, ibarat tangan dan kaki. Produk pembasmi serangga yang berbentuk padat, cara menggunakannya ada yang dibakar dan ada juga yang memakai listrik.

Bahan pembasmi serangga tergolong zat beracun. Oleh alasannya yaitu itu kau harus berhati-hati dalam penggunaan maupun penyimpanannya.