Perbedaan Pengertian Kelajuan Dan Kecepatan Beserta Rumusnya

Berikut ini yaitu pembahasan perihal kelajuan dan kecepatan yang mencakup perbedaan kelajuan dan kecepatan, pengertian kelajuan, pengertian kecepatan, rumus kelajuan, rumus kecepatan, rumus kecepatan rata rata, rumus mencari kecepatan, rumus kelajuan rata rata.

Perbedaan Kelajuan dan Kecepatan

Setelah kau memahami perbedaan antara jarak dan perpindahan, tahukah kau perbedaan antara kelajuan dan kecepatan? Suatu benda yang bergerak lurus, jarak terhadap posisi awalnya (s) terus berubah sesuai dengan selang waktunya (t).

Dapat kita nyatakan pengertian kelajuan dan kecepatan sebagai berikut.
Kelajuan adalah perubahan jarak terhadap posisi awalnya dalam suatu selang waktu tertentu tanpa memerhatikan arahnya, sedangkan kecepatan adalah kelajuan dengan memerhatikan arahnya.

Rumus Kelajuan

Secara matematis, persamaan kelajuan sanggup didefinisikan sebagai berikut.


Keterangan:
v = kelajuan (m/s)
s = jarak (m)
t = selang waktu (s)

Tahukah kau bagaimana grafik benda yang bergerak dengan laju tetap? Benda yang bergerak dengan laju tetap, sanggup dinyatakan dalam grafik laju (v) terhadap waktu (t) dan jarak (s) terhadap waktu (t), menyerupai yang ditunjukkan Gambar di bawah ini.
Berikut ini yaitu pembahasan perihal kelajuan dan kecepatan yang mencakup perbedaan kelaj Perbedaan Pengertian Kelajuan dan Kecepatan beserta Rumusnya
Gambar: a. Grafik laju (v) terhadap waktu (t).
b. Grafik jarak (s) terhadap waktu (t).

Meskipun satuan kelajuan dalam SI yaitu m/s, pada kehidupan sehari-hari sering kau jumpai satuan kelajuan dalam km/jam.

Nah, tahukah kau bagaimana mengubah satuan m/s ke dalam km/jam atau sebaliknya? Agar kau lebih memahaminya, mari kita konversikan kedua satuan tersebut.


Jadi, sanggup kita tuliskan konversi satuan m/s dan km/jam sebagai berikut.


Dalam kehidupan sehari-hari, sulit untuk mempertahankan gerak suatu benda dalam kelajuan yang tetap. Sebagai contoh, dikala kau naik sepeda, kau akan mengurangi kelajuan dikala hendak berhenti atau berbelok dan dikala akan berjalan atau sehabis berbelok, kau akan menambah kelajuan kembali.

Hal ini berarti laju suatu benda selalu mengalami perubahan atau laju kendaraan tidaklah tetap. Nah, untuk kasus menyerupai ini, bagaimanakah memilih kelajuannya?  Untuk laju yang selalu berubah-ubah, kau perlu menghitung kelajuan rata-rata.
Kelajuan rata-rata yaitu hasil bagi lintasan total yang ditempuh suatu benda dengan selang waktu total yang diharapkan untuk menempuh lintasan tersebut. 

Rumus Kelajuan rata-rata

Secara matematis, kelajuan rata-rata sanggup dinyatakan dalam persamaan berikut.



Keterangan:
v = kelajuan rata-rata (m/s)
s = lintasan yang di tempuh benda (m)
t = selang waktu untuk menempuh lintasan (s)