Percobaan (Praktikum) Laju Reaksi Kimia (Pengaruh Konsentrasi Dan Suhu Terhadap Laju Reaksi Kimia)

Berikut ini ialah pemahasan wacana praktikum laju reaksi kimia, percobaan laju reaksi kimia, praktikum laju reaksi, laporan praktikum laju reaksi, dampak konsentrasi terhadap laju reaksi, dampak suhu terhadap laju reaksi, praktikum reaksi kimia, laporan praktikum kimia laju reaksi, percobaan laju reaksi, laporan praktikum dampak konsentrasi terhadap laju reaksi.

Praktukum Laju Reaksi Kimia

Sebagaiman telah dibahas pada pembahasan sebelumnya wacana faktor-faktor yang sanggup mempengaruhi laju (kecepatan) reaksi kimia diantaranya ialah konsentrasi dan suhu. Pada pembahasan ini akan dibahas wacana praktikum beberapa faktor tersebut;

Pengaruh Ukuran Zat (Konsentrasi) terhadap Laju Reaksi

Salah satu faktor yang mempengaruhi laju reaksi kimia ialah ukuran zat atau konsentrasi zat, kau sanggup mengamati bahwa kapur yang halus akan lebih cepat larut daripada kapur yang masih berbentuk bongkahan.

Mengapa demikian?

Ukuran materi zat yang bereaksi sangat memengaruhi luas permukaan bidang sentuh antar reaktan. Oleh alasannya ialah serbuk kapur ukurannya sangat kecil, serbuk kapur memiliki luas bidang sentuh yang lebih luas dibandingkan kerikil kapur sehingga larutan asam sulfat akan lebih gampang bereaksi dengan serbuk kapur dibandingkan dengan kapur yang masih berbentuk bongkahan.

Semakin luas permukaan suatu reaktan maka laju reaksinya semakin cepat. Reaktan yang berwujud cair dan gas sulit untuk diperluas bidang sentuhnya. Yang sanggup dilakukan ialah memperbesar konsentrasinya.

Praktikum Pengaruh Suhu terhadap Laju Reaksi

Untuk percobaan atau praktikum wacana dampak suhu terhadap laju reaksi kimia, ada bebera hal yang harus diperhatikan yaitu;

Tujuan:

  • Mengamati dampak suhu terhadap laju reaksi.

Alat dan bahan:

  • Tabung reaksi dan raknya, stopwatch, air es, air leding, air panas, gamping, dan amonium klorida (NH4Cl) padat.

Prosedur kerja:

  1. Siapkan tiga buah tabung reaksi.
  2. Masukkan 1 gram gamping ke dalam masing-masing tabung reaksi.
  3. Siapkan stopwatch.
  4. Masukkan air es ke dalam tabung reaksi pertama, air biasa ke dalam tabung reaksi kedua, dan air panas ke dalam tabung reaksi ketiga.
  5. Catat waktu yang diharapkan untuk berlangsungnya reaksi kimia dari masing-masing tabung.
  6. Ulangi langkah 1 – 5 untuk amonium klorida (NH4Cl) padat.
  7. Apakah kesimpulan dari percobaan di atas?