Bentuk Tubuh Kejasama Ekonomi Regional

Pembahasan kali ini akan membahas wacana tubuh kerjasama ekonomi internasional, kolaborasi ekonomi internasional, kolaborasi ekonomi regional, kerjasama ekonomi regional, tubuh kerjasama ekonomi internasional,  badan kerjasama ekonomi regional, tubuh kerjasama regional dan contoh kerja sama.

Badan Kerja Sama Ekonomi


Pada awalnya kolaborasi antarnegara terbatas pada ekspor dan impor. Seiring perkembangan zaman dan imbas globalisasi, kerja sama antarnegara meluas dalam aneka macam bidang. Agar kolaborasi ini berjalan lancar, perlu diatur dalam suatu wadah organisasi.

Bentuk-bentuk Badan Kerja Sama Ekonomi Regional

Badan kolaborasi regional yang dikembangkan oleh beberapa negara sebagai berikut.

1) Association South of East Asian Nations (ASEAN)

Association South of East Asian Nations (ASEAN) yaitu organisasi bangsa-bangsa di daerah Asia Tenggara. ASEAN didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok atas prakarsa Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

Pendirian ASEAN menurut Deklarasi Bangkok. Saat ini ASEAN beranggotakan sepuluh negara. Tujuan utama ASEAN yaitu mengadakan kolaborasi dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya antarnegara anggota ASEAN. '
Pembahasan kali ini akan membahas wacana tubuh kerjasama ekonomi internasional Bentuk Badan Kejasama Ekonomi Regional
Kerjasama ASEAN
Pada tahun 1992 beberapa negara anggota ASEAN melalui kepala negara setuju untuk menggalakkan kolaborasi dalam bidang politik dan keamanan di daerah Asia Tenggara.

Kerja sama ASEAN bertujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah Asia Tenggara. Dalam perkembangannya, kolaborasi ASEAN mengarah perdagangan bebas pada tahun 2003 di daerah Asia Tenggara (ASEAN Free Trade Area/AFTA).

Tujuan AFTA yaitu meningkatkan keunggulan kompetitif produkproduk ASEAN, serta mengurangi tarif guna meningkatkan efisiensi produksi atas industri perdagangan.

Pada tahun 2015 negara-negara anggota ASEAN menginginkan terbentuknya komunitas ekonomi. Hal ini dipertegas dengan penandatanganan ASEAN Economic Community (AEC) Blueprint oleh pemimpin negara-negara ASEAN.

Kesepakatan ini diperlukan membawa daerah Asia Tenggara menuju pasar tunggal dan basis produksi pada tahun 2015.

2) Asia Pasific Economic Cooperation (APEC)

Negara-negara di daerah Asia Pasifik membentuk kolaborasi ekonomi pada bulan November 1989 di Canberra, Australia.

Kerja sama ini disebut Asia Pasific Economic Cooperation (APEC) yang meliputi Benua Asia, Australia, Amerika Utara, dan Amerika Selatan.

Tujuannya menjalin kolaborasi perdagangan, investasi, dan pariwisata; memperkuat perdagangan multilateral bagi kepentingan Asia Pasifik serta negara-negara lain; mengurangi kendala perdagangan antarnegara; serta meningkatkan kualitas sumber daya insan guna mendorong pelaksanaan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Pada tanggal 5 November 1994 berlangsung KTT II APEC di Bogor, Indonesia yang menghasilkan Deklarasi Bogor (Bogor Declaration). APEC mencanangkan perdagangan bebas pada tahun 2010 untuk negara maju dan tahun 2020 untuk negara berkembang.

3) European Economic Community (EEC)

European Economic Community (EEC) juga disebut Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). MEE berdiri pada tahun 1957 di Roma, Italia atas komitmen beberapa negara Eropa Barat.

Pada bulan Februari 1992 MEE bermetamorfosis Uni Eropa (European Union/EU). Untuk mempererat kolaborasi negara-negara anggota Uni Eropa, mulai tanggal 1 Januari 1999 dikeluarkan mata uang tunggal, yaitu euro.

MEE bertujuan menghilangkan kendala perdagangan bebas guna memajukan kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat Eropa, mempersatukan perekonomian ke dalam wilayah pemasaran bersama, memobilisasi potensi ekonomi, serta meningkatkan daya saing MEE dalam perekonomian global.