Cara Mengukur Panjang Dengan Memakai Mikrometer Sekrup

Berikut ini yakni pembahasan wacana mikrometer sekrup yang mencakup Pengukuran Panjang dengan Mikrometer Sekrup, cara memakai mikrometer sekrup, cara membaca mikrometer sekrup, cara menghitung mikrometer sekrup, cara memakai mikrometer, alat ukur mikrometer sekrup, cara mengukur mikrometer sekrup, ketelitian mikrometer sekrup, cara membaca alat ukur mikrometer, cara mengukur dengan mikrometer sekrup, cara mengukur memakai mikrometer sekrup.

Pengertian Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup adalah sebuah alat ukur besaran panjang yang cukup presisi. Mikrometer memiliki tingkat ketelitian hinggan 0,01 mm. Penggunaan mikrometer sekrup biasanya untuk mengukur diameter benda melingkar yang kecil menyerupai kawat atau kabel.

Skala Mikrometer Sekrup

Sama halnya menyerupai jangka sorong, mikrometer sekrup memiliki dua skala, yaitu skala utama dan skala nonius.

Skala utama ditunjukkan oleh silinder pada bundar dalam, sedangkan skala nonius ditunjukkan oleh selubung pada bundar luar. Jika selubung bundar luar diputar satu kali bundar penuh, skala utama akan berubah 0,5 mm.

Selubung luar terbagi menjadi 50 skala sehingga 1 skala pada selubung luar yakni 0,5 mm : 50 = 0,01 mm, yang merupakan skala terkecil pada mikrometer sekrup.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Contoh pengukuran diameter gotri memakai mikrometer sekrup ditunjukkan pada Gambar di bawah ini.
Berikut ini yakni pembahasan wacana mikrometer sekrup yang mencakup Pengukuran Panjang d Cara Mengukur Panjang dengan Menggunakan Mikrometer Sekrup
Gambar: Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Dari gambar di atas diperoleh hasil pengukuran sebagai berikut.
Skala utama  : 3,5 mm
Skala nonius : 0,12 mm +
Pembacaan  : 3,62 mm = 0,362 cm