Cara Menulis Teks Pidato Yang Baik Dan Benar

Pembahasan kali ini akan menjelaskan ihwal cara menulis teks pidato dengan baik dan benar, menulis teks pidato dengan sistematika dan bahasa yang efektif, tumpuan teks pidato dan tumpuan naskah pidato singkat bahasa Indonesia.

Menulis teks pidato

Dari beberapa model berpidato, manakah yang kalian senangi? Berpidato dengan membaca teks, berpidato tanpa teks, berpidato dengan garis besar atau kerangka naskah, atau berpidato secara mendadak tanpa persiapan?

Model apa pun yang kalian pilih, tentu harus dipersiapkan dengan sebaikbaiknya. Tak ada model yang dikatakan paling baik dibanding model yang lain.

Model pidato yang dipilih tentu diubahsuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pidato. Pidato kenegaraan seorang presiden misalnya, akan lebih baik kalau disampaikan dengan naskah lengkap.

Mengapa? alasannya yakni selain memuat hal yang penting naskah pidato itu juga sanggup menjadi bukti sejarah dan diarsipkan.


Cara menulis teks pidato dengan baik dan benar

Pada pembelajaran bab ini, kalian akan berlatih untuk menulis teks pidato sesuai dengan maksud dan tujuan pidato.

Berapa pertimbangan dalam menyusun teks pidato sebagai berikut.
Pembahasan kali ini akan menjelaskan ihwal cara menulis teks pidato dengan baik dan bena Cara Menulis Teks Pidato yang Baik dan Benar
Gambar: Menulis Teks Pidato

1. Maksud dan tujuan pidato

Sebelum teks pidato dibentuk sebaiknya diketahui lebih dulu maksud dan tujuan pidato. Pidato biasanya mempunyai maksudmaksud antara lain: menjelaskan, meyakinkan, menghibur, membujuk, menasihati dll. Hal ini penting biar teks yang disusun sanggup sesuai dengan tujuan yang dimaksud.

2. Pendengar pidato

Menganalisa calon pendengar pidato juga termasuk unsur pertimbangan penulisan teks pidato, terutama akan mensugesti pemakaian kata-kata yang sesuai dengan tingkat pemikiran pendengar pidato. Harapannya hal-hal yang disampaikan dalam pidato sanggup terserap secara maksimal oleh pendengar.

3. Tema pidato

Semua tentu setuju bahwa tema pidato penting untuk diketahui. Tema akan mengikat segala gerak teks pidato yang kita susun. Tujuannya, biar tidak keluar dari tema yang sudah ditetapkan.

Setelah unsur-unsur tadi sanggup dipahami, barulah kita mulai menulis teks pidato. Pada awalnya mulailah dengan terlebih dulu merencanakannya melalui kerangka teks.

Kerangka teks pidato pada umumnya terdiri hal-hal berikut.
a. Pembukaan, meliputi: salam pembuka, ungkapan syukur.
b. Isi, meliputi: inti masalah, ilustrasi atau tumpuan dan penjelasan.
c. Penutup, meliputi: simpulan, impian dan penutup.