Contoh Membedakan Fakta Dan Opini Dalam Teks Iklan

Pembahasan kali ini yaitu wacana fakta dan opini dalam iklan, cara membedakan fakta dan opini dalam teks iklan, kalimat fakta dan opini dalam iklan, rujukan fakta dan opini dalam iklan baris, serta rujukan iklan fakta dan opini.

Iklan yang dimuat pada media cetak menjadi salah satu jenis teks yang masuk dalam golongan teks persuasif. Teks iklan biasanya memuat kebanggaan terhadap produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Namun demikian, gosip yang termuat dalam teks iklan tersebut belum semuanya merupakan gosip faktual. Artinya, sebagian dari gosip tersebut masih memerlukan pembuktian.

Di sinilah diharapkan kejelian pembaca untuk bisa membedakan antara fakta dan opini dari gosip yang dimuat dalam teks iklan di surat kabar.

Kemampuan ini akan membuat kita tidak gampang terpengaruhi bujukan atau rayuan iklan yang masih perlu didukung bukti nyata.
Pembahasan kali ini yaitu wacana fakta dan opini dalam iklan Contoh Membedakan Fakta Dan Opini Dalam Teks Iklan
Gambar: Contoh Opini

Contoh fakta dan opini dalam teks iklan

Cermatilah teks iklan berikut!

=====================================

Dinamika dunia bisnis sangat membutuhkan talenta berkualitas untuk membuat karya bisnis yang bernilai tinggi. Diperlukan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku berbisnis yang baik semoga berhasil mengisi dan membuat peluang.

Dengan bergabung bersama Akademi Sekretaris Bintang Timur , Anda akan mendapat proses pembelajaran bisnis yang terpadu dan gampang dipakai untuk membuat Anda menjadi pembangunan bisnis handal di masa depan.

AKADEMI SEKRETARIS BINTANG TIMUR
Jl. Senopati Utama Raya Nomor 17 Semarang

=====================================

Dalam tesk iklan tersebut terdapat gosip yang bersifat persuasif. Namun demikian, tidak semua pernyataan dalam iklan tersebut berupa fakta. Ada juga yang berupa opini. Nah, perhatikan dengan cermat kedua paragraf iklan tersebut!

Paragraf ke-1
Dinamika dunia bisnis sangat membutuhkan bakat berkualitas untuk membuat karya bisnis yang bernilai tinggi. Diperlukan pengetahuan, keterampilan dan perilaku berbisnis yang baik semoga berhasil mengisi dan membuat peluang.

Dalam paragraf tersebut, terdapat kata sangat yang merupakan salah satu ciri pernyataan yang merupakan opini. Begitu juga penggunaan kata semoga pada kalimat kedua menguatkan bahwa ada sesuatu yang diharapkan, artinya sesuatu belum terjadi sehingga tidak bisa dikatakan sebagai fakta.

Bagaimana dengan paragraf ke-2 ?
Dengan bergabung bersama Akademi Sekretaris Bintang Timur, Anda akan mendapat proses pembelajaran bisnis yang terpadu dan gampang dipakai untuk membuat Anda menjadi pembangunan bisnis handal di masa depan.

Tergolong gosip fakta atau opini ? Berikan alasan balasan kalian melalui kolom komentar di bawah ini! Semoga bermanfaat, gampang kan?