Gangguan Dan Kelainan Pada Sistem Saraf Manusia

Kelainan pada Sistem Saraf

Sistem saraf sanggup mengalami gangguan atau kelainan. Beberapa pola gangguan pada sistembuh) saraf insan yakni sebagai berikut.

a. Epilepsi, merupakan kelainan pada sel-sel saraf di otak sehingga penderita tidak sanggup merespon banyak sekali rangsangan. Otot-otot rangka penderita sering berkontraksi secara tidak terkontrol. Epilepsi sanggup disebabkan lantaran cacat semenjak kelahiran, kelainan metabolisme, infeksi, adanya racun yang merusak sel-sel saraf, kecelakaan pada kepala, dan tumor.

b. Neuritis, yakni luka pada neuron atau sel-sel saraf. Disebabkan oleh infeksi, kekurangan vitamin, lantaran efek obat-obatan dan racun.

c. Amnesia, atau penyakit lupa, yaitu sulit mengingat kejadiankejadian yang telah berlalu. Amnesia sanggup disebabkan lantaran goncangan batin atau cidera pada otak.

d. Strok, yakni kerusakan otak akhir pecah, penyempitan, atau tersumbatnya pembuluh darah di otak. Strok sering terjadi pada orang yang menderita tekanan darah tinggi.
 Sistem saraf sanggup mengalami gangguan atau kelainan Gangguan dan Kelainan pada Sistem Saraf Manusia
Gambar: Epilepsi

Ada banyak penyakit sistem saraf lainnya. Mereka termasuk multiple sclerosis, penyakit Huntington, penyakit Parkinson, dan penyakit Alzheimer. Namun, penyakit ini jarang, kalau pernah, terjadi pada orang muda. 

Penyebab dan tanda-tanda mereka tercantum di bawah ini (Tabel di bawah). Penyakit tidak bisa disembuhkan, tetapi obat sanggup membantu mengontrol tanda-tanda mereka.

Penyakit
Penyebab
Gejala
Multiple sclerosis
Serangan sistem kekebalan badan dan kerusakan sistem saraf sentra sehingga neuron tidak sanggup berfungsi secara normal.
Kelemahan otot, kesulitan bergerak, dilema dengan koordinasi, kesulitan menjaga badan seimbang
Penyakit Huntington
Suatu mewarisi arahan gen untuk protein abnormal yang menjadikan maut neuron.
Gerakan tersentak-sentak tak terkendali, kehilangan kontrol otot, dilema dengan memori dan belajar
Penyakit Parkinson
Tingkat abnormal rendah neurotransmiter mensugesti kepingan otak yang mengontrol gerakan.
Gemetar tak terkendali, memperlambat gerakan, dilema dengan berbicara
Penyakit Alzheimer
Perubahan abnormal di otak menjadikan hilangnya sedikit demi sedikit sebagian besar fungsi otak normal.
Kehilangan memori, kebingungan, perubahan suasana hati, hilangnya sedikit demi sedikit kontrol atas kemampuan mental dan fisik

Demikian banyak sekali jenis gangguan dan kelainan pada sistem saraf insan yang sanggup kami suguhkan, agar bermanfaat.