Isi Tritura (Tri Tuntutan Rakyat) Dan Jagoan Ampera

Pada saat-saat simpulan masa pemerintahan demokrasi terpimpin dan awal masa lahirnya masa pemerintahan orde beru, banyak kejadian yang terjadi diantaranya yaitu munculnya kesatuan-kesatuan aksi.

Tri Tuntutan Rakyat

Pada tanggal 12 Januari 1966 kesatuan-kesatuan agresi mengajukan tiga tuntutan kepada pemerintah yang disebut Tri Tuntutan Rakyat (Tritura).

Adapun isi Tritura yaitu sebagai berikut.

1. Bubarkan PKI dan ormas-ormasnya

2. Bersihkan Kabinet Dwikora dari unsur-unsur G 30 S/PKI

3. Turunkan harga barang atau perbaikan ekonomi

Aksi-aksi mahasiswa masih berjalan terus. Pada tanggal 22 Februari 1966, Presiden Sukarno mengadakan perombakan Kabinet Dwikora dengan nama Kabinet Dwikora yang Disempurnakan atau Kabinet Seratus Menteri.

Menjelang peresmian para menteri Kabinet Dwikora dengan nama Kabinet Dwikora yang Disempurnakan, demonstrasi mahasiswa semakin meningkat.

pada tanggal 24 Februari 1966 pada ketika peresmian para menteri kabinet baru, KAMI melaksanakan agresi mengempeskan ban-ban kendaraan beroda empat di jalan raya terutama di depan Istana Merdeka, sehingga lau lintas simpel berhenti.
saat simpulan masa pemerintahan demokrasi terpimpin dan  Isi TRITURA (Tri Tuntutan Rakyat) dan Pahlawan Ampera
Gambar: Demonstrasi TRITURA

Pahlawan Ampera

Dalam demonstrasi itu seorang mahasiswa Universitas Indonesia yang berjulukan Arif Rahman Hakim gugur terkena tembakan. Arif Rahman Hakim menerima julukan sebagai menjadi Pahlawan Ampera.

Sehari sesudah kejadian tersebut KAMI dibubarkan, namun pembubaran KAMI tersebut ternyata tidak memulihkan kewibawaan pemerintah dan tidak juga menghentikan aksi-aksi menuntut Tritura.