Macam-Macam Jenis Tumbuhan Dan Binatang Langka Di Indonesia Beserta Asalnya

Berikut ini ialah pembahasan perihal Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia, flora langka, binatang langka, binatang langka di indonesia, binatang langka di indonesia beserta asalnya, flora langka di indonesia.

Pentingnya Keanekaragaman Makhluk Hidup dalam Pelestarian Ekosistem

Ekosistem yang sehat intinya bersifat stabil. Maksudnya ekosistem tersebut mendukung kehidupan banyak sekali jenis flora (produsen), herbivora, dan karnivora, sehingga terdapat banyak lintasan daur materi dan energi.

Apabila satu jenis flora (produsen) dalam ekosistem tersebut hilang, masih ada flora lain yang sanggup menggantikan tugas flora yang hilang tersebut.

Apabila terdapat satu jenis herbivora punah, masih ada herbivora lain yang memakan tumbuhan. Begitu pula, kalau satu jenis karnivora itu punah, masih ada karnivora lain untuk meneruskan daur materi dan energi dalam ekosistem itu.

Sebaliknya, ekosistem yang hanya dihuni beberapa jenis makhluk hidup bersifat kurang stabil. Apabila satu atau dua jenis makhluk hidup punah, maka tidak akan terjadi lintasan alternatif untuk anutan materi dan energi.

Jika anutan energi dan materi berhenti, akan terjadi kepunahan makhluk hidup. Pada ekosistem yang hanya dihuni oleh beberapa jenis makhkluk hidup, apabila terjadi perubahan lingkungan secara drastis, maka seluruh makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup.

Dari dua sifat ekosistem tersebut, terlihat terang pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam suatu ekosistem. Keanekaragaman makhluk hidup ini untuk mempertahankan kelestarian ekosistem.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan jenis-jenis binatang dan tumbuhan. Kekayaan ini tidak ternilai harganya. Jenis binatang dan tumbuh-tumbuhan terus berkembang biak. Hal ini mengakibatkan flora dan binatang sanggup dijadikan sebagai sumber daya alam yang potensial.

Berbagai jenis binatang dan flora di atas sanggup kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan. Bagian-bagian flora sanggup dimanfaatkan sebagai materi makanan, obat-obatan, hiasan, dan materi bangunan.

Hewan pun sanggup dimanfaatkan sebagai materi makanan, dimanfaatkan tenaganya, dan diambil potongan tubuhnya sebagai materi obat.

Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia

Begitu banyak manfaat yang sanggup kita ambil dari kekayaan binatang dan tumbuhan. Akan tetapi, lantaran pemanfaatan yang kurang bijaksana sanggup mengakibatkan berkurangnya keanekaragaman makhluk hidup.

Bahkan beberapa jenis binatang dan flora sudah mulai langka. Makhluk hidup sanggup digolongkan langka apabila makhluk hidup tersebut jumlahnya tinggal sedikit dan sangat sulit ditemui. Beberapa jenis binatang dan flora langka sanggup kau lihat dalam tabel berikut.
Berikut ini ialah pembahasan perihal Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia Macam-macam Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia beserta Asalnya
Tabel: Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia
Berikut ini ialah pembahasan perihal Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia Macam-macam Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia beserta Asalnya
Gambar: Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia

Itulah beberapa jenis binatang dan flora langka di Indonesia. Kelangkaan binatang dan flora tersebut secara garis besar disebabkan oleh petaka dan perbuatan manusia.

Bencana alam ibarat gunung meletus sanggup mengakibatkan punahnya makhluk hidup di daerah tersebut. Kepunahan ini terjadi lantaran mereka tidak sanggup menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan yang mencolok.

Sementara itu, perbuatan insan yang sanggup mengakibatkan kelangkaan makhluk hidup antara lain perburuan dan penebangan hutan secara liar.

Demikian pembahasan perihal Jenis Tumbuhan dan Hewan Langka di Indonesia, flora langka, binatang langka, binatang langka di indonesia, binatang langka di indonesia beserta asalnya, flora langka di indonesia.