Macam-Macam Teladan Penyesuaian Morfologi Pada Hewan

Beberapa pola adaptasi morfologi pada binatang yaitu bentuk paruh dan kaki pada burung, tipe verbal serangga, dan bentuk gigi hewan.

1) Bentuk paruh dan kaki burung

Pernahkah kau memperhatikan paruh burung yang berbeda-beda? Paruh burung beo berbeda dengan paruh burung elang.

Paruh burung berbeda-beda sesuai dengan makanannya. Begitu juga dengan bentuk kaki burung, berbeda-beda sesuai dengan daerah hidup dan cara hidupnya.

Burung elang mempunyai kaki yang berpengaruh untuk mencengkeram mangsanya dan mempunyai paruh yang berpengaruh untuk merobek mangsanya.

Sedangkan, burung pencari makan di air mempunyai paruh yang pipih dan panjang, serta mempunyai kaki yang dilengkapi dengan selaput untuk berenang, misalnya yaitu itik.

Burung pelatuk yang memakan serangga di lubanglubang pohon mempunyai paruh menyerupai pahat. Sedangkan, burung kolibri yang menghisap madu bunga mempunyai paruh yang kecil dan panjang.

2) Tipe verbal serangga

Pada serangga terdapat beberapa tipe mulut. Perbedaan ini disebabkan perbedaan jenis makanannya.

a) Tipe verbal untuk menggigit dan mengunyah, misalnya belalang.

b) Tipe verbal untuk menusuk dan menghisap, misalnya nyamuk.

c) Tipe verbal untuk menghisap, misalnya kupu-kupu.

 pada binatang yaitu bentuk paruh dan kaki pada burung Macam-macam Contoh Adaptasi Morfologi pada Hewan
Gambar: Tipe banyak sekali verbal serangga

3) Bentuk gigi hewan

Bentuk gigi binatang bermacam-macam, tergantung jenis makanannya. Hewan pemakan flora atau herbivora mempunyai gigi geraham depan dan belakang yang lebar dan datar.

Gigi ini sangat sesuai dengan fungsinya untuk mengunyah atau menggilas makanan. Hewan pemakan daging atau karnivora mempunyai gigi taring yang tajam dan runcing untuk mengoyak mangsanya.